Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN MORAL DISENGAGEMENT DALAM KONTEKS PERILAKU MENYONTEK DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) AKIBAT DARI PANDEMI COVID-19 Studi Deskriptif mengenai Moral Disengagement dalam Konteks Perilaku Menyontek pada Mahasiswa


"Pandemi COVID-19 memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia di saat ini
seperti kehidupan sosial, pekerjaan, dan pendidikan. Pembatasan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3610S3610 Fak gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3610 Fak g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    vi., 137 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160126
    Klasifikasi
    S3610 Fak g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Pandemi COVID-19 memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia di saat ini
    seperti kehidupan sosial, pekerjaan, dan pendidikan. Pembatasan Sosial Berskala
    Besar (PSBB) diterapkan untuk menekan angka penularan virus korona. Di dalam
    dunia pendidikan, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan sebagai sarana
    pendidikan di masa pandemi. Masalah yang terjadi selama masa PJJ dapat
    menyebabkan mahasiswa menjustifikasi perilaku menyontek. Menjustifikasi
    perilaku tidak etis merupakan mekanisme yang digunakan untuk menonaktifkan
    sanksi diri, dan juga dikenal sebagai moral disengagement (MD). Penelitian ini
    bermaksud untuk mengetahui bagaimana gambaran moral disengagement
    mahasiswa di masa PJJ. Kami menggunakan metode kuantitatif non eksperimental
    dengan metode survei daring. Dalam penelitian ini moral disengagement diukur
    dengan alat ukur academic moral disengagement dari Farnese et. al. (2011) yang
    telah diadaptasi oleh Firdaus & Solicha (2018). Alat ukur ini memiliki 2 dimensi
    MD against professors dan MD against students. Fakultas Psikologi Universitas
    Padjadjaran diambil sebagai lokasi dari penelitian ini. Kita menggunakan metode
    cognitive interview sebagai tambahan validitas alat ukur yang kami gunakan. Kita
    juga menguji reliabilitas dari alat ukur ini, hasilnya reliabilitas alat ukur tinggi
    (cronbach’s alpha, 0.813). Sebanyak 99 mahasiswa (perempuan 80,8%, laki-laki
    19,2%) mengikuti penelitian ini, yang diperoleh menggunakan teknik stratified
    random sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa bimbang untuk
    membenarkan perilaku menyontek di masa PJJ. Pembenaran yang cenderung
    mahasiswa lakukan adalah dengan menyalahkan temannya sebagai sumber atas
    perilaku menyonteknya (MD against students). Penelitian ini memiliki beberapa
    limitasi yang telah didiskusikan di bawah. Bagaimanapun juga, penelitian ini
    menyoroti kegunaan yang penting untuk diterapkan ke depannya.
    Kata kunci: academic moral disengagement, menyontek, pembelajaran jarak jauh,
    COVID-19"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi