Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN COLLEGE ADJUSTMENT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA YANG MENJALANI PEMBELAJARAN JARAK JAUH


"Mahasiswa yang baru masuk ke perguruan tinggi akan menghadapi berbagai
tuntutan baru. Mahasiswa perlu untuk menyesuaikan diri agar dapat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3613S3613 Iva gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3613 Iva g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 105 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170106
    Klasifikasi
    S3613 Iva g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Mahasiswa yang baru masuk ke perguruan tinggi akan menghadapi berbagai
    tuntutan baru. Mahasiswa perlu untuk menyesuaikan diri agar dapat berkuliah
    secara optimal. Pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19 sehingga mahasiswa
    angkatan 2020 diharuskan menjalani tahun pertamanya dengan pembelajaran jarak
    jauh secara daring. Pembelajaran jarak jauh merupakan hal yang baru bagi
    perguruan tinggi dan mahasiswa sehingga memberi tantangan yang berbeda dari
    biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan college adjustment pada
    mahasiswa tahun pertama Universitas Padjadjaran yang menjalani pembelajaran
    jarak jauh.
    Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif dengan
    menggunakan metode studi deskriptif. Penelitian ini melibatkan 344 mahasiswa
    tahun pertama Universitas Padjadjaran. Alat ukur yang digunakan adalah The
    Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) yang telah diadaptasi oleh
    Fitriana (2013) dan disesuaikan dengan kondisi pembelajaran jarak jauh. Teknik
    sampling yang digunakan adalah quota sampling. Pengambilan data dilakukan
    dengan menggunakan kuesioner online yang dibagikan melalui aplikasi LINE.
    Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar responden (74.1%)
    memiliki college adjustment yang tinggi. Sebagian besar responden memiliki
    academic adjustment, social adjustment, dan institutional attachment yang tinggi
    namun memiliki personal-emotional adjustment yang rendah. Penelitian ini juga
    menemukan beberapa faktor pendukung college adjustment, yaitu karakteristik
    demografi, fasilitas penunjang, pengalaman di perkuliahan, pengajar, dukungan
    sosial, dan traits.
    Kata kunci: penyesuaian ke perguruan tinggi, pembelajaran jarak jauh,
    pembelajaran daring, Pandemi Covid-19"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi