Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] PERAN ACHIEVEMENT GOAL TERHADAP ACADEMIC CHEATING MELALUI SIKAP TERHADAP MENYONTEK PADA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Pada Siswa SMA Di Kota Bandung "


"Academic cheating masih banyak ditemukan hingga saat ini. Adanya pembelajaran
online yang dilakukan saat ini pula membuat peluang terjadinya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042022T0774T0774 Bet pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0774 Bet p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xi., 144 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420180041
    Klasifikasi
    T0774 Bet p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Academic cheating masih banyak ditemukan hingga saat ini. Adanya pembelajaran
    online yang dilakukan saat ini pula membuat peluang terjadinya academic cheating
    meningkat. Alasan siswa masih melakukan menyontek adalah ingin mendapatkan
    nilai yang bagus dan takut mengalami kegagalan. Alasan-alasan tersebut
    mencerminkan achievement goal yang dimiliki siswa, khususnya performance
    goal. Achievement goal siswa dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu
    mastery-approach, mastery-avoidance, performance-approach dan performanceavoidance. Adapun hal lain yang mempengaruhi academic cheating yaitu attitude
    toward cheating. Siswa dengan achievement goal tertentu akan memiliki sikap yang
    berbeda terhadap academic cheating hingga akhirnya menentukan perilaku
    menyontek yang ditampilkan. Pada penelitian ini attitude toward cheating
    diposisikan. sebagai mediator hubungan achievement goal dan academic cheating.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran achievement goal terhadap academic
    cheating melalui attitude toward cheating siswa SMA pada pelajaran matematika.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Teknik sampling
    yang digunakan adalah cluster random sampling. Responden pada penelitian ini
    sebanyak 658 siswa dari 10 sekolah SMA di kota Bandung. Terdapat tiga alat ukur
    yang digunakan ialah cheating behavior scale, Achievement Goal-QuestionnaireRevised (AGQ-R) dan attitude toward cheating scale. Alat ukur yang digunakan
    memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Pengumpulan data dilakukan dengan
    menggunakan kuesioner online.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa mastery approach berperan negatif terhadap
    academic cheating melalui attitude toward cheating. Hal tersebut menunjukkan
    bahwa ketika siswa berorientasi untuk menguasai materi dan meningkatkan
    pemahamannya, maka ia akan menentang perilaku menyontek dan hingga akhirnya
    tidak akan menyontek. Hasil penelitian ini pula menunjukkan bahwa performance
    approach dan performance avoidance tidak berperan terhadap academic cheating
    maupun attitude toward cheating. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi
    penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian di mata pelajaran yang berbeda
    serta dapat menjadi referensi dalam intervensi menurunkan perilaku menyontek
    siswa.
    Kata kunci: academic cheating, achievement goal, attitude toward cheating, siswa
    SMA, matematika"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi