Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] ADAPTASI KULTURAL SURFACE STRUCTURE MATERIAL UNIT 3 : NEGOTIATING WITH FRIENDS (Adaptasi Kultural Modul Social and Emotional Skills Training for Children Fast Track Friendship Group untuk Anak Usia 5-8 Tahun di Indonesia)


"Keterampilan sosial emosional menjadi salah satu keterampilan yang perlu
dikembangkan oleh anak selama masa usia prasekolah dan usia sekolah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042022T0778T0778 Betq aPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0778 Betq a
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 353 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420190036
    Klasifikasi
    T0778 Betq a
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TEIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Keterampilan sosial emosional menjadi salah satu keterampilan yang perlu
    dikembangkan oleh anak selama masa usia prasekolah dan usia sekolah karena
    dapat membantu anak untuk mencapai kesuksesan dalam bidang relasi sosial dan
    bidang akademik. Salah satu keterampilan sosial emosional adalah keterampilan
    negosiasi yang dapat diajarkan pada anak. Keterampilan-keterampilan sosial
    emosional, terutama keterampilan negosiasi dapat diajarkan dengan program yang
    telah dibuat oleh Karen L. Bierman yaitu “The Friendship Group Program”.
    Program ini sudah terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial dan
    emosional anak baik secara jangka pendek dan jangka panjang dari anak dengan
    berbagai etnis, seperti Amerika, Afrika, dan Eropa.
    Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh material Unit 3 : Negotiating with
    Friends dari Modul Social and Emotional Skills Training for Children Fast Track
    Friendship Group yang sesuai dengan budaya dan perkembangan anak usia 5-8
    tahun di Indonesia. Proses adaptasi kultural surface structure ini menggunakan
    kerangka kerja adaptasi kultural yang dikemukakan oleh Barrera & Castro (2006).
    Proses adaptasi kultural ini terdiri dari 4 tahap, yaitu information gathering,
    preliminary adaptation design, preliminary adaptation test, dan adaptation
    refinement. Proses adaptasi kultural surface structure ini melibatkan beberapa
    pihak expert diantaranya adalah 2 orang guru TK, 4 orang ahli bahasa, 1 expert
    reviewer sosiolog, dan 2 expert reviewer psikolog anak. Sedangkan, cognitive
    interview dilakukan kepada 5 anak yang berusia 5-8 tahun di Indonesia beserta 5
    orangtua. Berdasarkan proses adaptasi kultural yang telah dilakukan oleh peneliti
    terhadap Friendship Group Program Unit 3: Negotiating with Friends, maka
    didapatkan hasil berupa draft akhir dalam Bahasa Indonesia yang dapat dipahami
    dan dapat digunakan oleh anak-anak usia 5-8 tahun di Indonesia. Perubahan yang
    dilakukan adalah perubahan bahasa dan teks, perubahan gambar, perubahan
    kegiatan, dan perubahan format yang mengikuti tahap perkembangan kognitif dan
    bahasa anak dan kebudayaan sehari-hari anak usia 5-8 tahun di Indonesia. Salah
    satu perubahan kegiatan yang dilakukan adalah mengganti salah satu permainan.
    Permainan tersebut merupakan permainan sehari-hari anak di Amerika dan Kanada
    yang bersifat kompetitif dengan cara bermain melalui nyanyian. Permainan diubah
    menjadi salah satu permainan yang sudah familiar bagi anak-anak usia 5-8 tahun di
    Indonesia, dengan tetap mempertahankan sifat kompetitif dan prinsip bermain
    dengan bernyanyi, tanpa merubah makna dan tujuan permainan tersebut.
    Kata kunci : adaptasi kultural, anak usia 5-8 tahun, keterampilan sosial
    emosional, keterampilan negosiasi, Fast Track Friendship Group."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi