Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ACADEMIC SELF-EFFICACY DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN BIDANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BANJAR


"Siswa sekolah menengah atas merupakan individu yang termasuk ke
dalam masa remaja. Pada masa ini, siswa dihadapkan pada sejumlah tugas

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3624S3624 Fit hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3624 Fit h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 136 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110180042
    Klasifikasi
    S3624 Fit h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Siswa sekolah menengah atas merupakan individu yang termasuk ke
    dalam masa remaja. Pada masa ini, siswa dihadapkan pada sejumlah tugas
    perkembangan, seperti memikirkan dan merencanakan kehidupan masa depan
    pada beberapa domain kehidupan, salah satunya yaitu domain pendidikan.
    Dengan memikirkan mengenai masa depan dengan cara yang positif penting
    untuk perkembangan remaja. Oleh karena itu, sebagai seorang remaja, maka siswa
    sekolah menengah atas hendaknya merencanakan masa depan sebaik mungkin,
    sehingga dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai pendidikannya di masa
    depan, dengan kata lain bahwa siswa tersebut memiliki orientasi masa depan yang
    jelas dan terarah. Orientasi masa depan merupakan kecenderungan individu untuk
    terlibat dalam pemikiran masa depan. Dengan adanya orientasi masa depan, siswa
    dapat menentukan tujuan, membuat rencana, dan mengevaluasi realisasi dari
    tujuan tersebut. Dalam membentuk orientasi masa depan, terdapat beberapa faktor
    yang dapat mempengaruhinya, salah satunya adalah academic self-efficacy.
    Academic self-efficacy adalah keyakinan individu bahwa mereka dapat tampil baik
    secara akademik untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk
    mengetahui apakah terdapat hubungan antara academic self-efficacy dengan
    orientasi masa depan bidang pendidikan pada siswa kelas XI MAN Kota Banjar.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional.
    Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total
    sampling dengan jumlah sample sebanyak 54 responden.
    Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat
    hubungan yang signifikan antara academic self-efficacy dengan orientasi masa
    depan bidang pendidikan (r=0.420, p-value < 0.05). Hubungan yang terjadi di
    antara kedua variabel merupakan hubungan yang positif, sehingga semakin tinggi
    academic self-efficacy siswa, maka semakin jelas orientasi masa depannya.
    Kata kunci: siswa; orientasi masa depan; academic self-efficacy"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi