Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN ACADEMIC SELF-EFFICACY DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN BIDANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BANJAR
"Siswa sekolah menengah atas merupakan individu yang termasuk ke
dalam masa remaja. Pada masa ini, siswa dihadapkan pada sejumlah tugas
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012022S3624 S3624 Fit h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3624 Fit hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xiv., 136 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110180042Klasifikasi S3624 Fit hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab FITRI AZIZAH -
"Siswa sekolah menengah atas merupakan individu yang termasuk ke
dalam masa remaja. Pada masa ini, siswa dihadapkan pada sejumlah tugas
perkembangan, seperti memikirkan dan merencanakan kehidupan masa depan
pada beberapa domain kehidupan, salah satunya yaitu domain pendidikan.
Dengan memikirkan mengenai masa depan dengan cara yang positif penting
untuk perkembangan remaja. Oleh karena itu, sebagai seorang remaja, maka siswa
sekolah menengah atas hendaknya merencanakan masa depan sebaik mungkin,
sehingga dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai pendidikannya di masa
depan, dengan kata lain bahwa siswa tersebut memiliki orientasi masa depan yang
jelas dan terarah. Orientasi masa depan merupakan kecenderungan individu untuk
terlibat dalam pemikiran masa depan. Dengan adanya orientasi masa depan, siswa
dapat menentukan tujuan, membuat rencana, dan mengevaluasi realisasi dari
tujuan tersebut. Dalam membentuk orientasi masa depan, terdapat beberapa faktor
yang dapat mempengaruhinya, salah satunya adalah academic self-efficacy.
Academic self-efficacy adalah keyakinan individu bahwa mereka dapat tampil baik
secara akademik untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan antara academic self-efficacy dengan
orientasi masa depan bidang pendidikan pada siswa kelas XI MAN Kota Banjar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total
sampling dengan jumlah sample sebanyak 54 responden.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara academic self-efficacy dengan orientasi masa
depan bidang pendidikan (r=0.420, p-value < 0.05). Hubungan yang terjadi di
antara kedua variabel merupakan hubungan yang positif, sehingga semakin tinggi
academic self-efficacy siswa, maka semakin jelas orientasi masa depannya.
Kata kunci: siswa; orientasi masa depan; academic self-efficacy"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.