Text
[SKRIPSI] PERAN SCHOOL CLIMATE PADA TEACHER EFFICACY GURU SEKOLAH DASAR DALAM KONDISI PEMBELAJARAN DARING
"Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan melalui perantara
internet dan alat penunjang lainnya sebagai tempat menyalurkan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012022S3628 S3628 Ani p Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3628 Ani pPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xiv., 153 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110180111Klasifikasi S3628 Ani pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab ANINDA NURBAETI RAHMAN -
"Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan melalui perantara
internet dan alat penunjang lainnya sebagai tempat menyalurkan ilmu
pengetahuan. Terjadinya pandemi COVID-19 kemudian menyebabkan
pembelajaran daring diberlakukan pada setiap sekolah di Indonesia. Penerapan
pembelajaran daring menghasilkan berbagai peluang dan kesulitan dalam
menjalankan pembelajaran daring, terutama pada guru sekolah dasar (SD).
Teacher efficacy guru memiliki peran penting dalam efektivitas pembelajaran
daring. Berdasarkan teori dan penelitian sebelumnya, terdapat hubungan positif
teacher efficacy dan school climate namun masih terdapat keterbatasan, sehingga
penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran teacher efficacy dan school
climate pada guru SD dalam kondisi pembelajaran daring, juga melihat peran dari
school climate terhadap teacher efficacy guru SD dalam kondisi pembelajaran
daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada 114 guru SD di enam
sekolah di Kota Bandung. Data dikumpulkan menggunakan self-report
questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teacher efficacy para guru
SD dalam kondisi pembelajaran daring cenderung sangat tinggi dan persepsi guru
terhadap school climate cenderung positif. Penelitian ini juga menemukan bahwa
school climate berperan positif secara moderat terhadap teacher efficacy guru SD
dalam kondisi pembelajaran daring dan bahwa tiap dimensi dari school climate
memiliki korelasi yang positif dengan teacher efficacy.
Kata Kunci: teacher efficacy, school climate, guru SD, pembelajaran daring"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.