Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

PENERAPAN MODEL SIMCA DALAM MENJELASKAN PERILAKU DEMONSTRASI REFORMASI DIKORUPSI


ABSTRAK
Hanif Mentari Amalia (210110160043). 2020. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Judul ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0199364.132 3 Lia pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Ilkom)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    364.132 3 Lia p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    viii, 59 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    364.132 3 Lia p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Hanif Mentari Amalia (210110160043). 2020. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Judul penelitian adalah Penerapan Model Simca Dalam Menjelaskan Perilaku Demonstrasi Reformasi Dikorupsi. Dibimbing oleh pembimbing utama S. Kunto Adi Wibowo S.Sos, M.Comn, Ph.D dan Ikhsan Fuady, S.P., M.Si sebagai pembimbing pendamping.

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan faktor-faktor SIMCA pada kelompok demonstran dan non demonstran serta mengetahui pengaruh faktor SIMCA tersebut terhadap partisipasi politik mahasiswa. Model dan rujukan utama penelitian ini adalah model SIMCA (Social Identity Model of Collective Action) dengan tiga faktor utama yakni Efikasi, Identitas dan Anger yang dipublikasikan Van Zomeren pada tahun 2008.

    Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuisioner online kepada mahasiswa Universitas Padjajaran melalui teknik probability sampling. Responden penelitian sejumlah 393 orang terdiri dari 188 orang nondemonstran dan 205 orang demonstran. Sampel mahasiswa demonstran dipilih secara acak dengan penomoran dari grup koordinasi sedangkan mahasiswa non demonstran dipilih dengan menggunakan cluster sampling. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji beda t-test independent sample dan regresi.

    Hasil penelitian melalui uji beda menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada efikasi, identitas dan anger antara mahasiswa demonstran dan non demonstran. Semua hasil menunjukkan mean (rerata) demonstran lebih tinggi dibanding nondemonstran. Hasil regresi pun menunjukkan bahwa efikasi, identitas dan anger secara simultan berpengaruh terhadap partisipasi politik mahasiswa.



    Kata kunci: Social Identity Model of Collective Action (SIMCA), aksi Reformasi
    Dikorupsi, komparasi

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi