Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengujian Daya Menghancurkan Batu Ginjal Kalsium dan Magnesium dari Infus Daun Seledri (Apium graveolens L) dan Sambiloto (Andrographis paniculata) secara Invitro.


Dalam upaya mencari alternatif pengobatan penyakit batu ginjal, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menguji daya menghancurkan batu ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021971000023Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    974
    Penerbit : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    974
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek

    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Dalam upaya mencari alternatif pengobatan penyakit batu ginjal, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menguji daya menghancurkan batu ginjal yang mengandung kalsium dan magnesium dari infus daun seledri (Apium graveolens L.), daun sambiloto (Andrographis paniculata Ness.) dan campuran kedua tumbuhan tersebut.
    Pengujian dilakukan dengan dua cara. Cara pertama menggunakan batu dalam bentuk serbuk dan cara kedua menggunakan batu dalam bentuk utuh. Analisis batu ginjal dilakukan dengan memakai metode titrimetri dan kolorimetri.
    Untuk menetapkan kadar Ca dan Mg yang terlarut dalam masing-masing infus digunakan spektrofotometer serapan atom (AAS) pada panjang gelombang 422,7 nm untuk Ca dan 285,2 nm untuk Mg.
    Hasil pengujian pada cara pertama, menunjukkan bahwa hanya infus seledri (30 gram basah / 300 ml air) yang dapat melarutkan Ca dan Mg secara nyata pada a = 0,05. Sedangkan pada cara kedua, semua jenis infus - seledri (1,3%, 3,3%,5%), sambiloto (1,3%, 3,3%, 5%) dan campuran sambiloto-seledri (1:1, 1:2, 2:1, 1:3, 3:1) - menunjukkan hasil yang nyata pada a = 0,05. infus campuran sambiloto-seledri (1 : 3) merupakan infus yang paling banyak melarutkan kalsium dan infus sambiloto 5% merupakan infus yang paling banyak melarutkan magnesium.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi