Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3591-Uji Aktivitas Antiinflamasi Asam Asiatat dan Metil Ester Asiatat Terhadap Penghambatan Enzim COX-1 dan COX-2 Secara In Vitro (Nur Alfi Kusumah Dewi; Prof. Dr. Ahmad Muhtadi, MS; Dr. Ida Musfiroh, M.Si., Apt.)


Asam Asiatat merupakan salah satu senyawa aktif golongan triterpenoid yang terdapat pada tanaman Centella asiatica (L.) (Pegagan) yang telah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701603591Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3591
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3591
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Asam Asiatat merupakan salah satu senyawa aktif golongan triterpenoid yang terdapat pada tanaman Centella asiatica (L.) (Pegagan) yang telah diketahui memiliki efek farmakologi sebagai antiinflamasi.Metil ester asam asiatat merupakan modifikasi struktur pada C-28 dari asam asiatat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas antiinflamasi pada asam asiatat dan metil ester asiatat terhadap penghambatan enzim siklooksigenase (COX). Metode penelitian yang dilakukan meliputi identifikasi senyawa dengan metode KLT, dan uji aktivitas antiinflamasi menggunakan Colorimetric COX (ovine) Inhibitor screening Assay Kit No. 701050 dan uji penghambatan terhadap waktu, dan pengukuruan dilakukan dengan ELISA reader pada panjang gelombang 590 nm. Hasil identifikasi menunjukkan nilai Rf asam asiatat dan metil ester asiatat berturut-turut yaitu 0,51 dan 0,52 Hasil uji aktivitas antiinflamasi diperoleh nilai IC50 Asam Asiatat dan Metil Ester terhadap penghambatan enzim COX-1dan COX-2berturut-turut sebesar 260,8 µM dan 78,61 µM; 123,8 µM dan 109,9 µM.
    Kata Kunci : Asam Asiatat, Metil Ester, Siklooksigenase (COX), Nilai IC50
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi