Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Efek Antioksidan Fraksi Air dan Frkasi Etil Asetat dari Ekstrak Metanol Daun Plantago Major Linn terhadap Kerusakan Hepatosit Mencit yang diinduksi dengan Lipopolisakarida.


Telah dilakukan pengujian efek antioksidan fraksi air dan fraksi etil asetat ekstrak metanol daun Plantago major Linn. terhadap kerusakan hepar ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021001000047Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    1157
    Penerbit : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    1157
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek

    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dilakukan pengujian efek antioksidan fraksi air dan fraksi etil asetat ekstrak metanol daun Plantago major Linn. terhadap kerusakan hepar mencit yang diinduksi dengan lipopolisakarida 100 mg/kg. Untuk fraksi air digunakan dosis 1350, 1800 dan 2250 mg/kg dan untuk fraksi etil asetat digunakan dosis 500, 700 dan 900 mg/kg. Pengujian efek antioksidan dilakukan dengan mengukur kadar malondialdehid (MDA) yang terbentuk dari hasil reaksi peroksidasi lipid dengan menggunakan spektrofotometer (l 532 nm).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi air dan fraksi etil asetat dapat menurunkan kadar MDA. Semakin tinggi dosis, efek terhadap penurunan kadar MDA semakin besar. Secara statistik pada a 0,01 terdapat adanya perbedaan bermakna antara kadar MDA pada pemberian fraksi-fraksi tersebut dengan kadar MDA pada kelompok kontrol. Dari hasil ini disimpulkan fraksi air dan fraksi etil asetat ekstrak metanol Plantago major Linn mempunyai efek antioksidan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi