Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3645- Pengembangan Formulasi Losion Tipe M/A Berbasis Karagenan Kappa dan Iota (Ghaida Putri Setiana; Yedi Herdiana, M.Si; Dina Fransiska, M.Si)


Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kosmetik, terutama kosmetik yang berasal dari bahan alam memberikan peluang bagi penggunaan rumput laut ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201707433645Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3645
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3645
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kosmetik, terutama kosmetik yang berasal dari bahan alam memberikan peluang bagi penggunaan rumput laut sebagai bahan baku kosmetik. Dengan kekayaan alam bahari yang dimiliki oleh Indonesia, karagenan kappa dan iota yang dihasilkan dari rumput laut merah (Rhodophyceae) dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam formulasi losion. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat karagenan kappa dan iota dalam formulasi losion tipe m/a serta untuk mengetahui kualitasnya. Penelitian diawali dengan optimasi basis losion dan didapatkan empat formula, yaitu F1 tanpa karagenan, F2 dengan karagenan kappa 0.2%, F4 dengan karagenan iota 0.2%, dan F8 campuran karagenan kappa 0.2% dan iota 0.1% (2:1). Lalu dilakukan uji organoleptis, pH, viskositas, daya sebar, cemaran mikroba, dan uji kesukaan terhadap masing-masing formula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karagenan kappa dan iota dapat dimanfaatkan dalam formulasi sediaan losion tipe m/a dengan konsentrasi ≤ 0.2%.Karagenan dapat berfungsi sebagai pengental, penstabil, dan pelembab dalam formulasi losion. Formulasi losion terbaik yang memenuhi SNI berdasarkan evaluasi fisik dan uji kesukaan (parameter kesan lembab dan rasa lengket) ditunjukkan oleh formula dengan karagenan iota 0.2%. Sedangkan untuk uji kesukaan secara penampakan, homogenitas, dan kekentalan, formula dengan campuran karagenan kappa dan iota (2:1) adalah yang paling disukai.
    Kata kunci: Losion m/a, Karagenan kappa, Karagenan iota
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi