Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4219- Formulasi dan Karakterisasi Liposom Dengan Loading Albumin Menggunakan Metode Hidrasi Lapis (Farah Mufidah; Dr. rer. nat. Anis Y. Chaerunisaa, M.Si; Dr. Nyi Mekar Saptarini, M.Si)


Albumin merupakan protein yang paling banyak dalam plasma darah manusia. Kekurangan albumin dalam darah dapat menyebabkan kondisi hipoalbuminemia ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202101024219Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4219
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4219
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Albumin merupakan protein yang paling banyak dalam plasma darah manusia. Kekurangan albumin dalam darah dapat menyebabkan kondisi hipoalbuminemia yang memiliki gejala seperti edema dan kelelahan. Kondisi hipoalbuminemia dapat diatasi dengan pemberian sediaan albumin secara intravena. Sediaan intravena memiliki kekurangan berupa rasa sakit dan bersifat invasif pada kulit. Sediaan transdermal dengan sistem penghantaran liposom dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan optimasi formula liposom dengan variasi konsentrasi fosfolipid dan kolesterol, loading albumin dengan berbagai konsentrasi albumin, dan dilakukan uji stabilitas menggunakan metode freeze thaw. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa formula liposom dengan konsentrasi lipid penyusun liposom lesitin soya:kolesterol (9:1) dan loading albumin 5 mg menggunakan metode hidrasi lapis tipis merupakan formula terbaik yang memenuhi persyaratan karakteristik liposom yakni nilai potensial zeta -35,167 mV, nilai polydispersity index 0,285, ukuran partikel 165 nm, dan efisiensi enkapsulasi 82,452%. Uji stabilitas menggunakan metode freeze thaw sebanyak 4 cycle didapatkan hasil memenuhi persyaratan karakteristik liposom.
    Kata kunci : Liposom, Albumin, Hidrasi Lapis Tipis, Freeze Thaw
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi