Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4316- Konjugasi IgY Anti MPT64 Dengan Nanopartikel Emas Secara Non Kovalen Menggunakan Biotin Streptavidin (Ayu Previani Hartono; Dr. Sri Agung Fitri Kusuma, M.Si; Prof. Dr. Toto Subroto, MS)


Pada penelitian ini dilakukan pengembangan lateral flow immunoassay (LFIA) untuk mendeteksi MPT64 menggunakan konjugat IgY dan nanopartikel emas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201444316Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4316
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4316
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pada penelitian ini dilakukan pengembangan lateral flow immunoassay (LFIA) untuk mendeteksi MPT64 menggunakan konjugat IgY dan nanopartikel emas (GNP) dengan linker biotin-streptavidin. Biotin-streptavidin berperan dalam meningkatkan kecenderungan biokonjugat untuk berikatan dan menstabilkan GNP. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan sistem konjugat IgY anti-MPT64 yang dapat mendeteksi antigen MPT64. Metode yang dilakukan adalah sintesis GNP, konjugasi IgY anti-MPT64 dengan nanopartikel emas (IgY-GNP), biotinilasi IgY anti-MPT64 (IgY-Bio), konjugasi IgY anti-MPT64 terbiotinalasi dengan streptavidin (IgY-Bio-SA), konjugasi streptavidin dengan GNP (SA-GNP), konstruksi kit, uji tantang strip dan uji amobilisasi. Sistem konjugat yang digunakan terdiri dari 2 sistem yaitu sistem I menggunakan konjugat IgY-GNP dan IgY-Bio-SA, sedangkan sistem II menggunakan konjugat IgY-Bio dan SA-GNP. Keempat konjugat berhasil dikonjugasikan yang ditandai dengan adanya pergeseran panjang gelombang maksimum (λ). Dari kedua sistem, hanya sistem II yang memberikan hasil positif dengan terbentuknya noda merah pada garis uji dan garis kontrol. Sehingga sistem yang dapat mengenali antigen MPT64 adalah sistem II. Namun, diperlukan optimasi dengan menggunakan linker lain seperti biotin-NHS, EDC, atau streptavidin komersial untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.
    Kata kunci: Tuberkulosis, lateral flow immunoassay, IgY anti-MPT64, biotin, streptavidin
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi