Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4325- Uji Aktivitas Penyembuhan Ulkus Diabetekum Sediaan Film Patch Kitosan Larut Air Mengandung Liposom Human Epidermal Growth Factor (hEGF) (Irna Roniawati; Dr. Sriwidodo, M.Si; Dr. Ida Musfiroh, M.Si)


Human epidermal growth factor (hEGF) mempunyai aktivitas penyembuhan luka yang sangat baik. hEGF dapat mempercepat regenerasi sel, keratinosit, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201654325Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4325
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4325
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Human epidermal growth factor (hEGF) mempunyai aktivitas penyembuhan luka yang sangat baik. hEGF dapat mempercepat regenerasi sel, keratinosit, fibroblas dan vascular epithelial dalam proses penyembuhan luka. Penelitian sebelumnya menunjukan hEGF dosis 75 µg memiliki aktivitas penyembuhan luka pada mencit diabetes sebesar 98 %. Namun hEGF memiliki kestabilan yang rendah dan bioavailabilitas yang menurun apabila diberikan langsung pada area luka. Sehingga memerlukan sistem penyalutan menggunakan nanocarrier liposom untuk dapat menjaga kestabilan dari hEGF serta untuk meningkatkan bioavaibilitas hEGF diaplikasikan dalam sediaan film patch dengan polimer kitosan larut air yang memiliki aktivitas antimikroba dan mukoadhesi. Untuk mengetahui aktivitas sediaan film patch kitosan larut air liposom-hEGF dalam penyembuhan ulkus diabetikum, maka dilakukan penelitian aktivitas penyembuhan ulkus diabetikum sediaan film patch kitosan larut air liposom-hEGF. Uji aktivitas dilakukan dengan membuat luka di punggung mencit, kemudian diberikan sediaan film patch dua kali sehari dan dilakukan pengamatan luka setiap hari serta dihitung persentase penutupan luka. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas penyembuhan ulkus diabetikum dengan pemberian sediaan film patch kitosan larut air liposom-hEGF memiliki persentase penutupan luka yang signifikan dan lebih baik dengan persentase penutupan luka pada hari ke 7 sebesar 89,57% dibandingkan dengan pemberian film patch kitosan larut air hEGF dan film patch kitosan larut air yang memiliki persen penutupan luka sebesar 82,22% dan 73,96%.

    Kata Kunci : human epidermal growth factor (hEGF), Film Patch, Ulkus diabetikum
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi