Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4344- Aktivitas Imunomodulator Kombinasi Ekstrak Terpurifikasi Daun Pepaya, Meniran, dan Rimpang Kunyit Dengan Metode Induksi Bakteri Staphylococcus aureus (Rizky Indah Febrianingsih Suddin Putri; Dr. Yasmiwar Susilawati, M.Si; Dr. Eli Halimah, MS)


Penelitian sebelumnya terkait khasiat ekstrak total daun pepaya, herba meniran, dan rimpang kunyit sebagai imunomodulator dijadikan sediaan tablet ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201864344Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4344
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4344
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian sebelumnya terkait khasiat ekstrak total daun pepaya, herba meniran, dan rimpang kunyit sebagai imunomodulator dijadikan sediaan tablet namun hasil penggunaan tablet yang dikonsumsi dalam sehari belum optimal. Maka dari itu dilakukan penelitian terkait kombinasi ekstrak terpurifikasi dari ketiga tanaman untuk memperkecil dosis pemberian namun tetap memiliki efek terapi dengan memodifikasi ekstrak total menjadi ekstrak terpurifikasi. Diharapkan kombinasi ekstrak terpurifikasi ketiga tanaman dapat memberikan efek terapi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kombinasi ekstrak total. Purifikasi ekstrak dilakukan dengan cara kromatografi cair vakum (KCV) menggunakan pelarut yang memiliki perbedaan kepolaran yang bertingkat. Digunakan empat variasi kombinasi ekstrak terpurifikasi daun pepaya, herba meniran dan rimpang kunyit berdasarkan dosis efektif masing-masing tanaman, dengan perbandingan kombinasi satu (1: 1: 1), kombinasi dua (2: 1: 1), kombinasi tiga (1: 2: 1), dan kombinasi empat (1: 1: 2). Pengujian aktivitas imunomodulator dilakukan dengan induksi bakteri Staphylococcus aureus terhadap mencit pada hari ke-8. Darah mencit diambil pada hari ke-0, 7, 8, dan 14 dan dihitung jumlah leukosit, limfosit, monosit dan granulosit menggunakan instrumen hematology analyzer, kemudian data dianalisis secara statistik. Hasil pengujian aktivitas imunomodulator ekstrak terpurifikasi daun pepaya, herba meniran dan rimpang kunyit menunjukkan kombinasi satu, dua dan tiga memiliki aktivitas imunomodulator yang signifikan terhadap parameter leukosit, limfosit, monosit dan granulosit (Sig. 0,05). Kombinasi ekstrak terpurifikasi yang menunjukkan aktivitas imunomodulator terbaik adalah kombinasi tiga yang menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap kontrol negatif pada parameter leukosit, limfosit dan monosit dengan hasil uji lanjut Duncan dan Kruskal-Wallis (Sig.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi