Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4348- Kajian Empiris Ramuan Herbal Indonesia Sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh (Silmi Auliya Zakariya; Dr. Yasmiwar Susilawati, M.Si; Norisca Aliza Putriana, M.Farm)


COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Salah satu cara masyarakat Indonesia untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202202184348Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4348
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4348
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Salah satu cara masyarakat Indonesia untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan COVID-19 adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh menggunakan pengobatan tradisional. Obat tradisional yang biasa digunakan masyarakat Indonesia adalah jamu dimana jamu merupakan ramuan yang terdiri dari beberapa tumbuhan obat. Ulasan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai ramuan peningkat daya tahan tubuh yang ada di Indonesia disertai dengan komposisi, kandungan kimia, penggunaan, dan cara pembuatan ramuan herbal peningkat daya tahan tubuh. Metode penelitian dilakukan dengan menelusuri pustaka tahun 2011-2021 melalui basis data Google Scholar pada bulan September 2021-Oktober 2021. Kata kunci penelusuran adalah “immune booster”, “peningkat daya tubuh”, “herbal peningkat imun”, “jamu”, “ramuan herbal”, “formulasi” menggunakan Boolean operator ‘AND’ ‘OR’ dan ‘NOT’. Diperoleh hasil pencarian pustaka yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 30 pustaka. Hasil kajian pustaka didapatkan 37 ramuan herbal peningkat daya tahan tubuh yang di dalamnya terdapat 22 jenis tanaman obat dengan familia terbanyak adalah Zingiberaceae. Dari 22 jenis tanaman diketahui bahwa tanaman yang paling banyak ditemukan dalam ramuan adalah kunyit, jahe, sereh, temulawak, dan kayu manis. Ramuan herbal yang telah menggunakan teknologi farmasi banyak ditemukan dalam bentuk sediaan tablet. Berdasarkan tanaman yang ditemukan dalam ramuan, menunjukan metabolit sekunder yang berpotensi dalam peningkatan daya tahan tubuh adalah minyak atsiri, flavonoid, saponin, tanin, dan fenol dengan senyawa yang beraktivitas dalam peningkat daya tahan tubuh adalah curcumin, filantin, alisin, quercetin, xanthorrhizol, citral, eugenol, gingerol, shagaol, sinamaldehide, safrole, geranial, kuersetin, d-lemonen, antosianin, dan asiatikosida.
    Kata kunci : COVID-19, Daya tahan tubuh, Ramuan herbal, Tanaman obat
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi