Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4351- Analisis Senyawa Asam Galat, Kinin, Asam Tanat, dan Saponin Pada Ekstrak Herba Ciplukan (Physalis angulata L.) Dengan Metode HPTLC dan Sofware Imagej (Sunani; Dr. Ade Zuhrotun, M.Si; Intan Timur Maisyarah, M.Si., Ph.D)


Masyarakat Indonesia telah memanfaatkan tanaman ciplukan (Physalis angulata L.) sebagai obat tradisional diantaranya sebagai obat cacing, epilepsi, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202202234351Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4351
    Penerbit Fakultas Fasrmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4351
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Masyarakat Indonesia telah memanfaatkan tanaman ciplukan (Physalis angulata L.) sebagai obat tradisional diantaranya sebagai obat cacing, epilepsi, radang tenggorokan, dan sakit kuning (icterus). Berdasarkan literatur ciplukan terbukti memiliki khasiat diantaranya antiinflamasi, antimikroba, antimalaria, antioksidan, dan antifibrosis. Kajian fitokimia terhadap ciplukan menunjukan adanya kandungan senyawa bioaktif seperti asam galat, kinin, asam tanat, dan saponin. Asam galat mempunyai berbagai aktivitas sebagai antioksidan dan analgesik, kinin sebagai antiinflamasi dan antimalaria, asam tanat sebagai antimikroba dan antialergi, dan saponin sebagai antijamur dan antivirus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan senyawa asam galat, kinin, asam tanat, dan saponin pada ekstrak etanol 70% dari tanaman ciplukan dengan metode High Perfomance Thin Layer Chromatography (HPTLC) dan Software ImageJ. Hasil analisis HPTLC dengan menggunakan fase gerak toluena: etil asetat: asam format (5:4:1) menunjukan kadar asam galat 0,061%, kloroform: metanol (9:1) menunjukan kadar kinin 0,038%, toluena: etil asetat: asam format (5:4:1) menunjukan kadar asam tanat 0,004%, toluena etil asetat: asam format (1:9:1) menunjukan kadar saponin 0,004%.
    Kata Kunci: Ciplukan, Physalis angulata, asam galat, kinin, asam tanat, saponin, HPTLC, ImageJ
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi