Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

ANALISIS RELEVANSI NILAI GOODWILL DAN GOODWILL IMPAIRMENTS SETELAH KONVERGENSI IFRS


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi nilai akuntansi goodwill di Indonesia sebelum dan setelah konvergensi IFRS. Pada masa sebelum ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    S 17.657.00417.657.004Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan BisnisTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    17.657.004
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi nilai akuntansi goodwill di Indonesia sebelum dan setelah konvergensi IFRS. Pada masa sebelum konvergensi IFRS, akuntansi perlakuan goodwill menggunakan amortisasi goodwill. Sedangkan pada masa setelah konvergensi IFRS, akuntansi perlakuan goodwill hanya menggunakan uji penurunan nilai yang dilakukan setiap tahun.
    Penelitian dilakukan pada perusahaan Indonesia yang tergabung dalam Indeks Kompas 100 BEI periode 2009 hingga 2015. Metode penentuan sampel adalah purposive sampling. Sampel perusahaan yang didapatkan sebanyak 39 perusahaan untuk periode perbandingan sebelum dan setelah konvergensi IFRS dan 56 perusahaan untuk periode setelah konvergensi IFRS. Analisis data menggunakan regresi linier berganda menggunakan Pooled Ordinary Least Square dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.
    Hasil penelitian ini adalah goodwill dan goodwill impairments setelah konvergensi IFRS menunjukkan hubungan signifikan terhadap nilai pasar perusahaan. Namun, relevansi nilai akuntansi goodwill dengan amortisasi memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan relevansi nilai akuntansi goodwill dengan goodwill impairments. Oleh karena itu, goodwill impairments belum mampu meningkatkan kualitas informasi laporan keuangan.

    Kata Kunci: Relevansi Nilai, Akuntansi Goodwill, Goodwill, Kerugian Penurunan Nilai Goodwill, Amortisasi Goodwill
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi