Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Mikroenkapsulasi Kalium Iodida Dengan Metode Koaservasi Sederhana


Mikroenkapsulasi adalah suatu proses pembuatan mikrokapsul dari bahan aktif yang berbentuk padat, cair, atau suatu dispersi, dengan suatu lapisan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021051000066Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    1606
    Penerbit : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    1606
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek

    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Mikroenkapsulasi adalah suatu proses pembuatan mikrokapsul dari bahan aktif yang berbentuk padat, cair, atau suatu dispersi, dengan suatu lapisan tipis penyalut. Mikrokapsul digunakan dalam berbagai tujuan antara lain mencegah rusaknya bahan yang reaktif terhadap pengaruh lingkungan.
    Penelitian ini bertujuan untuk membuat mikrokapsul kalium iodida, dengan harapan agar kalium iodida sebagai bahan aktif lebih stabil terhadap lingkunganya sehingga pengurangan konsentrasi iod yang terjadi apabila sediaan itu disimpan atau dipanaskan dapat dicegah. Mikrokapsul dibuat dengan mencampurkan amprotab dengan larutan kalium iodida 5% dan disalut dengan putih telur dengan konsentrasi berbeda (15%, 20%, 25%). Kemudian ditambahkan sepuluh ml air suling pada mikrokapsul dan disimpan selama 15 menit pada suhu kamar dan pada suhu 450C, 600C dan 1000C. Konsentrasi iodida dianalisis secara spektrofotometri dengan panjang gelombang 420 nm, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa semakin besar kadar protein putih telur yang ditambahkan maka semakin tinggi iodida yang terjerat dan mikrokapsul yang dibuat dengan 15% putih telur, 20% putih telur dan 25% putih telur dapat mencegah penurunan kadar iodida selama penyimpanan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi