Detail Cantuman

Image of Pengaruh kualitas pelayanan jasa dan komunikasi dari mulut kemulut terhadap keputusan pemilihan penyedia jasa pelayanan kesehatan gigi di RSGM Maranatha

 

Pengaruh kualitas pelayanan jasa dan komunikasi dari mulut kemulut terhadap keputusan pemilihan penyedia jasa pelayanan kesehatan gigi di RSGM Maranatha


Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Maranatha merupakan pengembangan

dari Pusat Pelayanan Kesehatan Maranatha. Selain sebagai sarana ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130700028617.6 set p/R.12.112Perpustakaan Pusat (REF.12.112)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.6 set p/R.12.112
    Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 120 hlm. Ilus : 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    617.6 set p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Maranatha merupakan pengembangan

    dari Pusat Pelayanan Kesehatan Maranatha. Selain sebagai sarana pendidikan
    program profesi kedokteran gigi, RSGM Maranatha juga diharapkan dapat
    menjadi rumah sakit yang mandiri dan bahkan dapat mendukung pelaksanaan
    pendidikan. Manajemen RSGM Maranatha berusaha melakukan usaha pemasaran
    yang dikemas sedemikian rupa sehingga tetap berjalan optimal tetapi tidak
    melanggar norma, moral dan Kode Etik Rumah Sakit Indonesia.

    Berdasarkan uraian diatas, dilaksanakan penelitian mengenai pengaruh kualitas
    pelayanan jasa dan komunikasi dari mulut ke mulut terhadap keputusan
    pemilihan penyedia jasa pelayanan kesehatan gigi di RSGM Maranatha Bandung.
    Variabel penelitian adalah kualitas pelayanan dengan lima subvariabel penelitian
    yaitu dimensi tangibles, diimensi empathy, dimensi reliability, dimensi
    responsiveness, dan dimensi assurance. Variabel komunikasi dari mulut kemulut
    dengan 3 subvariabel yaitu intensity, positif valence, negatif valenve. Variabel
    Keputusan pemilihan penyedia jasa pelayanan kesehatan gigi dengan subvariabel
    problem recognation, information search.. evaluation of alternatives,
    post purchase behavior.

    Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan
    metode penelitian survey. Data diperolah melalui kuesioner, wawancara dan
    observasi di lapangan. Hasil pengumpulan data dengan sumber data primer,
    diperoleh jumlah sampel sebesar 93 responden. Metode analisis yang digunakan
    adalah analisis jalur (path analysis).

    Hasil penelitian berdasarkan analisis statistik menunjukan bahwa kualitas
    pelayanan dan komunikasi dari mulut ke mulut secara simultan dan parsial
    memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan penyedia jasa
    pelayanan kesehatan gigi di RSGM Maranatha Bandung dimana f hitung (34,065)
    ~ ftabel (3,10) dan t hitung (kualitas pelayanan : 4,534 ; komunikasi dari mulut ke
    mulut : 5,443) > t tabel ( 1,99). Nilai koefisien jalur variabel Komunikasi dari
    mulut ke mulut (0,449) lebih besar dibandingkan koefisien jalur variabel Kualitas
    pelayanan (0,374) artinya komunikasi dari mulut ke mulut lebih menentukan
    (berpengaruh lebih besar) terhadap keputusan pemilihan penyedia jasa pelayanan
    kesehatan gigi di RSGM Maranatha Bandung dibandingkan Kualitas pelayanan
    baik secara langsung maupun tak langsung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi