Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM HAL PERMOHONAN KLAIM GARANSI TERHADAP PERUSAHAAN DI BIDANG OTOMOTIF YANG TELAH DINYATAKAN PAILIT


Pemberian pelayanan purnajual yang termasuk di dalamnya
jaminan garansi dan penyediaan suku cadang merupakan hak yang
dimiliki konsumen ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    137/2017137/2017Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja FH UnpadTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Hukum
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    137/2017
    Penerbit Fakultas Hukum UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    x, 126 hal, 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    137/2017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pemberian pelayanan purnajual yang termasuk di dalamnya
    jaminan garansi dan penyediaan suku cadang merupakan hak yang
    dimiliki konsumen dan kewajiban bagi pelaku usaha. Dengan adanya
    jaminan garansi dan penyediaan suku cadang yang diberikan oleh pelaku
    usaha dimaksudkan untuk melindungi konsumen yang membeli dan
    menggunakan produk yang dijual oleh pelaku usaha. Perlindungan hukum
    terhadap konsumen ditinjau dari hukum perlindungan konsumen. Bentuk
    perlindungan konsumen tersebut yaitu adanya layanan purnajual.
    Layanan purnajual merupakan salah satu bentuk kewajiban dan tanggung
    jawab produsen atau pelaku usaha di dalam memproduksi barang dan
    menjamin kualitas barang yang telah dijualnya. Dalam hal ini apabila
    pelaku usaha yang memberikan garansi layanan purnajual kemudian
    dinyatakan pailit, maka masalah muncul mengenai akibat hukum yang
    ditimbulkan dan bagaimana pemenuhan hak garansi tersebut. Tujuan
    yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui,
    mengkaji, dan menganalisis akibat hukum bagi pelaku usaha yang pailit
    dan pemenuhan hak garansi bagi konsumen apabila pelaku usaha yang
    memberikan garansi dinyatakan pailit.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif
    yang menitikberatkan pada studi kepustakaan dengan cara
    mengumpulkan data berupa peraturan-peraturan dan literatur-literatur
    yang berhubungan dengan perlindungan konsumen dan kepailitan.
    Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan menggambarkan
    permasalahan yang terjadi dalam perbuatan hukum dan akibatnya bagi
    perusahaan yang mengalami pailit dalam melaksanakan kewajibannya
    sebagai produsen untuk memberikan layanan purnajual kepada
    konsumen.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan
    pemenuhan kewajiban oleh pelaku usaha yang pailit dalam memberikan
    layanan purnajual kepada konsumen belum sepenuhnya dilakukan seperti
    apa yang diatur oleh Hukum Perlindungan Konsumen dan Hukum
    Kepailitan. Dalam hal ini PT.KLMI sebagai pelaku usaha yang
    menghasilkan motor matic bernama Kymco nyatanya tidak memenuhi
    segala kewajibannya untuk memberikan layanan purnajual kepada
    konsumen setelah ia dinyatakan pailit sehingga menimbulkan tidak
    adanya kepastian hukum bagi konsumennya.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi