Skripsi
Manajemen Layanan Aduan Pendidikan dalam Mewujudkan Pelayanan Pendidikan yang Bermutu, Berkeadilan dan Berwawasan Lingkungan Pada Tahun 2014
Penelitian ini berjudul “Manajemen Layanan Aduan Pendidikan Yang Bermutu, Berkeadilan, Dan Berwawasan Lingkungan Pada Tahun 2014 (Studi Pada Dinas ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170410110086 320 PRA 35/2015 Perpustakaan Fisip Unpad (4) Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 320 PRA 35/2015Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 320 PRA 35/2015Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab PRASTYA MAHARDIKA ( 170410110086 ) -
Penelitian ini berjudul “Manajemen Layanan Aduan Pendidikan Yang Bermutu, Berkeadilan, Dan Berwawasan Lingkungan Pada Tahun 2014 (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Bandung). Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan penulis mengenai manajemen Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam mengelola program layanan aduan pendidikan. Tapi masih maraknya penyampaian aspirasi masyarakat mengenai pelayanan pendidikan secara langsung melalui aksi demonstrasi, dan tidak menggunakan program layanan aduan yang dimiliki Dinas Pendidikan Kota Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data baik primer maupun sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi selama peneletian. Penentuan informan ditentukan dengan teknik purposive untuk memudahkan tercapainya data yang diinginkan dari informan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen layanan aduan pendidikan untuk mewujudkan pelayanan yang bermutu, berkeadilan, dan berwawasan lingkungan dapat dilihat dari tiga aspek yaitu perencanaan, pengorganisasian sumber-sumber pemerintahan, penggerakan sumber-sumber pemerintahan, dan kontrol pemerintahan. Perencanaan program belum konsisten. Proses pengorganisasian sumber-sumber pemerintahan kurang optimal. Penggerakan sumber-sumber pemerintahan sudah berjalan, tapi perlu di tingkatkan. Kemudian kontrol pemerintah juga belum maksimal.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah manajemen layanan aduan pendidikan untuk mewujudkan pelayanan yang bermutu, berkeadilan, dan berwawasan lingkungan belum optimal, ditinjau dari output yang menyimpang dari tujuan. Saran penulis agar manajemen layanan aduan pendidikan pada Dinas Pendidikan Kota Bandung perlu lebih konsisten pada pelaksanaan perencanaan hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan bersama.
Kata Kunci : Manajemen, Manajemen Pemerintahan, Fungsi Manajemen Pemerintahan, Program Layanan Aduan Pendidikan
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.