Detail Cantuman

Image of Pelayanan Sosial Bagi Remaja Putus Sekolah

Skripsi  

Pelayanan Sosial Bagi Remaja Putus Sekolah


Penelitian ini berjudul “Pelayanan Sosial Bagi Remaja Putus Sekolah (Studi Kasus Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelayanan Sosial Bina Remaja ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310110019Perpustakaan Fisip Unpad (3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 ELI 42/2015
    Penerbit Kesejahteraan Sosial : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 ELI 42/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Pelayanan Sosial Bagi Remaja Putus Sekolah (Studi Kasus Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelayanan Sosial Bina Remaja Radin Intan Provinsi Lampung)”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pelayanan yang diberikan oleh UPTD PSBR Radin Intan berupa bimbingan keterampilan dan Praktek Belajar Kerja (PBK) serta hasil dari pelayanan sosial yang telah diberikan kepada remaja putus sekolah. Adapun pelayanan diberikan untuk membantu remaja putus sekolah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri dan mengurangi jumlah pengangguran di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara serta pedoman observasi dengan teknik wawancara mendalam dan observasi non-partisipatif. Informan dalam penelitian ini adalah 17 (tujuh belas) orang.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan keterampilan dan Praktek Belajar Kerja (PBK) terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan bimbingan keterampilan dilakukan sosialisasi, seleksi, rapat perencanaan, orientasi dan assessment, serta pemanggilan instruktur dan pembuatan materi. Pada tahap pelaksanaan, siswa akan mengikuti salah satu keterampilan yaitu tata rias, servis motor, elektronik, dan menjahit putra/putri. Pada tahap perencanaan PBK dilakukan membuat rencana anggaran, mencari dan menghubungi sasaran tempat PBK, pembagian kelompok dan pendamping, memberikan pengarahan dan pengulangan materi. Selama pelaksanaan PBK, siswa akan mengikuti setiap kegiatan kerja di tempat pelaksanaan PBK. Rapat evaluasi akan membahas mengenai kekurangan dan kelebihan bimbingan keterampilan dan PBK, serta monitoring kepada siswa yang telah lulus selama 1 tahun.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan sosial yang dilakukan oleh pihak PSBR sudah berjalan dengan baik. Namun diperlukan perbaikan dalam hal pendanaan dan tindak lanjut kepada siswa yang telah selesai mendapatkan pelayanan di PSBR Radin Intan agar hasil yang didapatkan oleh remaja putus sekolah dapat maksimal.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi