Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pendirian Asian Infrastructure Investment Bank oleh Tiongkok dalam Rangka Counter Hegemony Institusi Keuangan Global


Pendirian Asian Infrastructure Investment Bank oleh Tiongkok ini memunculkan beberapa permasalahan. Pertama, Tiongkok seharusnya ikut menyukseskan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210130093327 SYI 96/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 SYI 96/2017
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xviii, 102 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendirian Asian Infrastructure Investment Bank oleh Tiongkok ini memunculkan beberapa permasalahan. Pertama, Tiongkok seharusnya ikut menyukseskan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh World Bank dan Asian Development Bank, tapi pada kenyataannya, Tiongkok mendirikan MDB yang baru yang bergerak dalam hal yang sama. Kedua, berdasarkan kedudukan dan peran yang dimiliki Tiongkok dalam WB dan ADB, seharusnya Tiongkok sebagai pemegang saham ketiga terbesar ikut memajukan MDB tersebut. Ketiga, pendirian AIIB yang bertujuan untuk menyokong OBOR ini seharusnya bisa disokong oleh institusi keuangan yang sudah ada. Dari permasalah tersebut mengindikasikan bahwa Tiongkok memiliki kepentingan lain selain memenuhi kebutuhan infrastruktur di Asia Pasifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa pembentukan AIIB merupakan sebuah historical structure yang dibentuk oleh Tiongkok dalam counter hegemony institusi keuangan global yang di hegemoni oleh Amerika Serikat. Serta menjelaskan pertentangan antara agen dan struktur dalam pendirian AIIB oleh Tiongkok. Penelitian ini menggunakan teori historical structure milik Robert Cox, yang terdiri dari kapabilitas material, ide-ide, dan institusi. Ketiga bentuk kekuatan tersebut dapat diaplikasikan dalam tiga level yaitu, social forces, form of states, dan world order. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dari John C. Creswell dengan metode pengumpulan data melalui studi literatur. Dengan cara menafsirkan apa yang diteliti, menggunakan pandangan yang menyeluruh (holistic account), pengetahuan yang tersirat. Validasi penelitian ini dilakukan dengan cara mentriangulasi sumber-sumber data, membuat deskripsi yang kaya dan padat, dan mengklarifikasi bias yang mungkin akan muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendirian AIIB merupakan bentuk historical structure yang dibentuk oleh Tiongkok sebagai agen. Kemudian historical structure ini akan digunakan kedalam tiga level, social forces, form of states dan puncaknya adalah world order dalam upaya counter hegemony institusi keuangan global yang didominasi Amerika Serikat.

    Kata kunci : Tiongkok, Asian Infrastructure Investment Bank, Historical Structure, Material Capabilities, Ideas, Social Forces, Form of States, World Order.


  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi