Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Kualitas Pelayanan Penanganan Sampah di Wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung


Penelitian berjudul “Kualitas Pelayanan Penanganan Sampah di Wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung” ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170110120113351 ARI 70/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 ARI 70/2016
    Penerbit FISIP Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 ARI 70/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian berjudul “Kualitas Pelayanan Penanganan Sampah di Wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung” dilatarbelakangi oleh terjadinya penumpukkan sampah di TPS Pasar Ujung Berung yang berhubungan pula dengan keterlambatan pengangkutan sampah dari TPS menuju TPA Sarimukti, dan tidak adanya salah satu bentuk penanganan sampah oleh petugas di TPS, yaitu pemilahan sampah, serta terdapat pula laporan dari masyarakat melalui situs laporan internet yang melaporkan bahwa sering terjadi penumpukkan sampah di TPS tersebut sejak empat tahun terakhir. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan penanganan sampah di wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh PD Kebersihan Kota Bandung selaku pihak yang berwenang dalam masalah tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Dwiyanto yang terdiri dari sikap petugas, prosedur, waktu, fasilitas dan biaya pelayan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi non-partisipan, wawancara, angket dan studi pustaka. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 98 orang yang dipilih menggunakan teknik Cluster sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan penanganan sampah di wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh PD Kebersihan Kota Bandung yang terdiri dari simap petugas, prosedur, waktu, fasilitas dan biaya pelayanan memiliki kualitas pelayanan lebih kecil dari 70%. Hasil ini diketahui berdasarkan hasil angket dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan H0 diterima. Sehingga, walaupun hasil dari angket menunjukkan bahwa kualitas pelayanan penanganan sampah di wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh PD Kebersihan Kota Bandung sudah terpenuhi, namun untuk dimensi sikap petugas, fasilitas dan biaya pelayanan masih kurang berjalan baik, sehingga permasalahan penumpukkan sampah masih sering terjadi di TPS. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Penanganan Sampah, Wilayah Kecamatan Ujung Berung, PD Kebersihan Kota Bandung

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi