Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pengorganisasian Masyarakat dalam Kegiatan Pengelolaan Sampah Mandiri Berbasis Masyarakat (Studi Kasus Bank Sampah Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan)


Penelitian ini merupakan penelitian yang menggambarkan tentang proses kegiatan pengorganisasian masyarakat berdasarkan metode pengorganisasian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310100048362 MOH 101/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 MOH 101/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 MOH 101/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini merupakan penelitian yang menggambarkan tentang proses kegiatan pengorganisasian masyarakat berdasarkan metode pengorganisasian masyarakat yang diungkapkan Arthur Dunham, dalam kegiatan pengelolaan sampah mandiri berbasis masyarakat di RW 03 Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan dan perkembangannya dalam mengatasi masalah sampah perkotaan yang terjadi disana. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang diharapkan dapat menggambarkan secara mendalam dan jelas mengenai bagaimana proses pengorganisasian masyarakat yang dilakukan dalam kegiatan pengelolaan sampah mandiri berbasis masyarakat di RW 03 Kelurahan Rawajati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan dalam pengelolaan sampah mandiri berbasis masyarakat yang dilakukan di RW 03 Kelurahan Rawajati sudah melakukan aspek-aspek dalam metode pengorganisasian masyarakat: Fact Finding, Planing, Conferences, Education, dan Fund rising. Yang bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat agar mau memilah sampah dan memanfaatkannya agar menguntungkan bagi masyarakat itu sendiri, mesikupn belum seluruhnya sempurna. Kegiatan pengelolaan sampah di RW 03 Kelurahan Rawajati memiliki sedikit kendala struktur organisasi yang masih kurang ideal dalam peran anggotanaya dan dalam melakukan penggalangan dana seiring berkembangnya kegiatan yang akan dapat merugikan kegiatan kedepannya. Berdasarkan penelitian tersebut dibutuhkan intervensi sebagai bentuk penyempurnaan kegiatan. Hal tersebut dimuat dalam Plan of Treatment yang dimuat dalam kegiatan “Workshop Manajemen Organisasi dan Fund Rising bagi Bank Sampah Rawajati dalam Pengelolaan Sampah Mandiri berbasis Masyarakat”. Kata Kunci: Pengorganisasian masyarakat, Kampung Hijau Rawajati, Bank Sampah Rawajati, Pengelolaan sampah mandiri berbasis masyarakat.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi