Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pedagang Buah : studi etnografi mengenai strategi dagang buah di Pasar Rebo, Jakarta


Pedagang kaki lima khususnya pedagang buah merupakan pedagang jalanan yang memiliki kerentanan dan resiko cukup besar. Mereka seringkali menghadapi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510110059301 SAN 6/2018Perpustakaan Fisip UnpadTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 SAN 6/2018
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 120 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pedagang kaki lima khususnya pedagang buah merupakan pedagang jalanan yang memiliki kerentanan dan resiko cukup besar. Mereka seringkali menghadapi berbagai permasalahan terkait dengan proses berdagang. Produk yang dijual merupakan buahbuahan yang tidak dapat disimpan terlalu lama karena akan mempengaruhi kualitas buah-buahan tersebut. Maka dari itu mereka harus menciptakan beberapa strategi dalam berjualan agar dapat mempertahankan usahanya serta menghindari resiko kerugian yang terlalu besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi jual-beli para pedagang buah-buahan di Pasar Rebo. Sehingga mendapatkan gambaran tentang cara mereka berjualan, hubungan antar sesama pelaku proses jual beli, pola persaingan yang terjadi antar sesama pedagang buah, dan jam beroperasi. Khususnya dalam menghadapi berbagai permasalahan yang sering dialami oleh pedagang buah. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini merujuk kepada bentuk penelitian etnografi dan sensus dengan memberikan beberapa kuesioner kepada informan yang kemudian akan menjadi dasar pertanyaan untuk observasi dan wawancara mendalam. Pendekatan etnografi dipakai guna untuk mendapatkan deskripsi secara terperinci. terkait dengan strategi-strategi jual-beli para pedagang buah yang dilihat dari sisi antropologisnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa para pedagang buah di daerah penelitian cenderung sigap dalam menanggapi berbagai macam permasalahan. Mereka sudah menyiapkan strategi yang tepat. Pembentukan relasi sosial merupakan salah satu strategi andalan karena dengan membangun hubungan yang baik antar pelaku perdagangan dapat memberikan kelancaran dan kemudahan bagi pedagang. Para pedagang buah juga menerapkan kebiasaan untuk selalu dekat dengan sang pencipta. Hal itu yang menjadikan suasana persaingan antar pedagang sangat tipis. Mereka percaya bahwa rezeki setiap orang sudah diatur oleh Tuhan.

    Kata kunci : Strategi, Pedagang, Perdagangan, Pasar.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi