Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kota Bekasi : studi pada pengaplikasian pengaduan online terpadu di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Tahun 2017


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penyelenggaraan e-government dalam pengaplikasian POT Kota Bekasi. Metode Penelitian yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410140058320 PRA 31/2018Perpustakaan Fisip UnpadTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 PRA 31/2018
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 174 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penyelenggaraan e-government dalam pengaplikasian POT Kota Bekasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik penentuan informan yang digunakan adalah menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam pengaplikasiannya POT mampu memberikan manfaat melalui kemudahan dan percepatan birokrasi layanan pengaduan kepada masyarakat Kota Bekasi, namun tidak ada prosedur jelas mengenai respon final sehingga banyak laporan pengaduan yang terbengkalai. Efisiensi POT belum optimal karena ada prosedur khusus Dinas Bina Marga dan SDA yang tidak disosialisasikan sebelumnya. Sosialisasi program POT sengaja dibendung karena khawatir kapasitas SKPD tertentu belum bisa bersanding dengan mekanisme program POT sehingga menghambat partisipasi publik. Respon admin POT yang belum sesuai dengan S.O.P yang berlaku sehingga membatasi transparansi informasi terhadap laporan pengaduan. Manajemen perubahan belum berjalan secara serempak sebab, perencanaan sumber daya keuangan yang tidak diprioritaskan pada pengembangan POT dan sarana pra-sarana POT. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan e-government dalam pengaplikasian POT di Dinas Bina Marga dan SDA belum dilakukan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah laporan yang terlambat mendapatkan respon hingga laporan pengaduan yang terbengkalai. Untuk itu, saran dari peneliti pengaplikasian POT harus ditinjau kembali dengan memperhatikan pengukuran performa e-government, Balanced e-Government Scorecard menurut Booz Allen dan Hamilton.

    Kata kunci : Electronic Government, Pengaduan Online Terpadu Kota Bekasi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi