Skripsi
Motivasi Belajar pada Siswa Kelas Tujuh di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cianjur
SkripsiiniberjudulMotivasiBelajarPada Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Pertama 3 Cianjur.Skripsiinibertujuan untuk menjelaskan bagaimana ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170510100082 301 SYE 49/2016 Perpustakaan Fisip Unpad Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 301 SYE 49/2016Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2016 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 301 SYE 49/2016Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Syeni Tiya Banondari -
SkripsiiniberjudulMotivasiBelajarPada Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Pertama 3 Cianjur.Skripsiinibertujuan untuk menjelaskan bagaimana motivasibelajarsiswa pada kelas terpisah antarasiswaperempuan dengan siswalaki-laki.Awalmasaremaja merupakan awalseseorang mengalamiperubahan emosi,apalagi seseorangsudahmulaimenjagacitramerekaterhadaplawanjenis.SMP Negeri3Cianjuryangmenerapkankelasterpisahbagisiswaperempuan dengansiswalaki-lakiberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswa. Dengandiadakannyapemisahankelasbagilaki-lakidanperempuan, pembelajarandirasaakanlebihefektifkarenatidakakanadasiswayang menjagacitrakarenatidakadalawan jenisyang menarikperhatian mereka. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanpenelitiangabunganantarakualitatifdengankuantitatif. Unitanalisisdalam penelitian inimeliputisiswalaki-lakidan siswa perempuandariduakelasberbedadenganenam siswasebagaikasus yangakanlebihditelitilebihlanjut. SMPNegeri3Cianjursemakintahunsemakinbanyakdiminatioleh siswabaru,saranadanprasaranalebihditingkatkanlagisehinggamuridmuridmerasanyamandandapatbelajardenganefektif.Motivasibelajar siswaterjadikarenaduafaktoryaitumotivasiyangberasaldaripengaruh dirisendiridanmotivasiyangberasaldaripengaruhluar.Motivasiyang berasaldaripengaruhdirisendiriterbentukdariadanyadoronganyang kuatdaridalam dirinyauntukmenjadiyangterbaik.Sedangkanmotivasi yangberasaldaripengaruhluarsepertipengaruhorangtua,pengaruh kinerjagurudanpengaruhdarikelasterpisah. Berdasarkan hasilpenelitian,tingginya motivasibelajarsiswa menyebabkan tinggiprestasinya.Sedangkan motivasibelajaryang rendahmenyebabkanrendahnyaprestasiyangdicapai.Prosesbelajar mengajaryangterjadipadakeduakelasmemperlihatkansiswayangaktif mengikutikegiatanbelajarmengajarmaupunsiswayangkurangaktif. Siswayanglebihaktifmengikutikegiatanbelajarmengajarcenderung mendapatkanprestasiyanglebihtinggidibandingkandengansiswayang kurangaktif. Dengan pemisahan kelas yang terjadi,siswa laki-lakikurang merasanyamandibandingkandengansiswaperempuan.SehinggaPada siswaperempuanmotivasibelajarnyasemakinmeningkatsedangkan padalaki-lakimotivasibelajarnyamenurun.Namunhasilbelajaryang diperolehsiswalaki-lakitidakjauhberbedadenganhasilbelajarsiswa perempuansehinggapemisahankelassajabukansatu-satunyafaktor yangmenentukanmotivasibelajarsiswa.Perhatianorangtuaternyata berpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswameskipuntidakdilakukandi sekolah.Siswayanglebihmendapatkanperhatiandariorangtuanya cenderungmemperolehprestasiyanglebihtinggidibandingkandengan siswayangkurangmendapatperhatiandariorangtuanya. ii KataKunci:Pendidikan,motivasi -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.