Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Motivasi Belajar pada Siswa Kelas Tujuh di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cianjur


SkripsiiniberjudulMotivasiBelajarPada Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Pertama 3 Cianjur.Skripsiinibertujuan untuk menjelaskan bagaimana ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510100082301 SYE 49/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 SYE 49/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 SYE 49/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • SkripsiiniberjudulMotivasiBelajarPada Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Pertama 3 Cianjur.Skripsiinibertujuan untuk menjelaskan bagaimana motivasibelajarsiswa pada kelas terpisah antarasiswaperempuan dengan siswalaki-laki.Awalmasaremaja merupakan awalseseorang mengalamiperubahan emosi,apalagi seseorangsudahmulaimenjagacitramerekaterhadaplawanjenis.SMP Negeri3Cianjuryangmenerapkankelasterpisahbagisiswaperempuan dengansiswalaki-lakiberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswa. Dengandiadakannyapemisahankelasbagilaki-lakidanperempuan, pembelajarandirasaakanlebihefektifkarenatidakakanadasiswayang menjagacitrakarenatidakadalawan jenisyang menarikperhatian mereka. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanpenelitiangabunganantarakualitatifdengankuantitatif. Unitanalisisdalam penelitian inimeliputisiswalaki-lakidan siswa perempuandariduakelasberbedadenganenam siswasebagaikasus yangakanlebihditelitilebihlanjut. SMPNegeri3Cianjursemakintahunsemakinbanyakdiminatioleh siswabaru,saranadanprasaranalebihditingkatkanlagisehinggamuridmuridmerasanyamandandapatbelajardenganefektif.Motivasibelajar siswaterjadikarenaduafaktoryaitumotivasiyangberasaldaripengaruh dirisendiridanmotivasiyangberasaldaripengaruhluar.Motivasiyang berasaldaripengaruhdirisendiriterbentukdariadanyadoronganyang kuatdaridalam dirinyauntukmenjadiyangterbaik.Sedangkanmotivasi yangberasaldaripengaruhluarsepertipengaruhorangtua,pengaruh kinerjagurudanpengaruhdarikelasterpisah. Berdasarkan hasilpenelitian,tingginya motivasibelajarsiswa menyebabkan tinggiprestasinya.Sedangkan motivasibelajaryang rendahmenyebabkanrendahnyaprestasiyangdicapai.Prosesbelajar mengajaryangterjadipadakeduakelasmemperlihatkansiswayangaktif mengikutikegiatanbelajarmengajarmaupunsiswayangkurangaktif. Siswayanglebihaktifmengikutikegiatanbelajarmengajarcenderung mendapatkanprestasiyanglebihtinggidibandingkandengansiswayang kurangaktif. Dengan pemisahan kelas yang terjadi,siswa laki-lakikurang merasanyamandibandingkandengansiswaperempuan.SehinggaPada siswaperempuanmotivasibelajarnyasemakinmeningkatsedangkan padalaki-lakimotivasibelajarnyamenurun.Namunhasilbelajaryang diperolehsiswalaki-lakitidakjauhberbedadenganhasilbelajarsiswa perempuansehinggapemisahankelassajabukansatu-satunyafaktor yangmenentukanmotivasibelajarsiswa.Perhatianorangtuaternyata berpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswameskipuntidakdilakukandi sekolah.Siswayanglebihmendapatkanperhatiandariorangtuanya cenderungmemperolehprestasiyanglebihtinggidibandingkandengan siswayangkurangmendapatperhatiandariorangtuanya. ii KataKunci:Pendidikan,motivasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi