Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Relasi Sosial pada Usaha Pembuatan Tahu (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Pembuatan Tahu di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang)


Penelitian ini menggambarkan relasi sosial yang terbentuk pada usaha pembuatan tahu di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Tujuan dilakukannya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510100023301 SAG 53/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 SAG 53/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 SAG 53/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini menggambarkan relasi sosial yang terbentuk pada usaha pembuatan tahu di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk relasi sosial yang ada di dalam siklus produksi usaha pembuatan tahu, juga untuk mengetahui bagaimana pengaruh relasi sosial terhadap keberlangsungan usaha pembuatan tahu. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan dengan metode kualitatif dan pemaparan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan informan yang telah dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa relasi sosial merupakan hal yang cukup berpengaruh pada keberlangsungan usaha kecil, dalam hal ini adalah usaha pembuatan tahu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tiga pabrik tahu dengan skala dan latarbelakang yang berbeda di wilayah Jatinangor, terdapat tiga bentuk relasi sosial yang ada pada siklus produksi tahu, antara lain, relasi berdasarkan kekerabatan, relasi berdasarkan pertetanggaan, dan relasi bisnis. Relasi sosial ini juga berpengaruh pada pertimbangan cara dan proses produksi tahu yang dipilih oleh pemilik pabrik. Selain itu relasi sosial juga berpengaruh pada tingkat kepercayaan dan kenyamanan pemilik pabrik dalam memilih hal-hal penggerak produksi pabrik mereka. Kata Kunci: Relasi Sosial, Usaha Kecil, Pabrik Tahu
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi