Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Penegakan Keamanan Maritim Di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Sebagai Wilayah Teritorial Indonesia Terhadap Kapal Asing Pengguna Alki


Jefirstson, Penegakkan Keamanan Maritim di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sebagai Wilayah Teritorial Indonesia terhadap Kapal Asing Pengguna ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210080167327 JEF 83/2015Perpustakaan Fisip Unpad (2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 JEF 83/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327 JEF 83/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Jefirstson, Penegakkan Keamanan Maritim di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sebagai Wilayah Teritorial Indonesia terhadap Kapal Asing Pengguna ALKI. Program Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran, Jatinangor, 2015.
    Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Indonesia yang berada di posisi strategis antara dua benua dan dua samudera melakukan pengamanan terhadap ALKI yang digunakan sebagai lintas pelayaran Internasional. Penelelitian ini menggunakan pendekatan Maritime Security sebagai perspektif untuk melihat pelanggaran-pelangaran yang terjadi di ALKI oleh kapal-kapal asing.
    Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti melihat bahwa Indonesia berada pada daerah kawasan dengan intensitas pelayaran yang tinggi dan hal tersebut bisa menimbulkan suatu ancaman terhadap keamanan Indonesia terutama di dalam ALKI. Selain itu Indonesia juga harus tetap menjaga keamanan dari ALKI itu sendiri karena ALKI merupakan jalur yang muncul karena diakuinya status negara kepulauan Indonesia. oleh karena itu selain menjaga keamanan wilayahnya sendiri Indonesia juga harus bisa mengakomodasi keamanan dari negara-negara pengguna ALKI. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui, wawancara, studi literature dan sumber lainnya sepert jurnal, artikel serta internet.
    Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk melindungi keamanan ALKI, Indonesia harus memastikan bahwa wilayah perairan di sekitar jalur ALKI bebas dari tindak Kriminal, selain itu diperlukan juga banyak pembenahan di dalam sarana dan prasaran pengawasan yang dimiliki Indonesia agar dapat mengawasi wilayah perairannya secara menyeluruh, sehingga pda akhirnya ALKI selain dapat memberikan keamanan bagi penggnanya dan Indonesia selaku penyedia ALKI tetap terjaga kedaulatannya karena segala bentuk hukum dan peraturan yang ada dapat berjalan dengan baik.
    Kata Kunci : ALKI, Maritime Security, Kapal Asing.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi