Detail Cantuman

Image of Fungsi Pemerintah dalam Gerakan Literasi Sekolah Tahun 2017 : studi pada Dinas Pendidikan Kota Bandung

Skripsi  

Fungsi Pemerintah dalam Gerakan Literasi Sekolah Tahun 2017 : studi pada Dinas Pendidikan Kota Bandung


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca masyarakat yang rendah. Bahkan untuk di lingkungan pendidikan pun peserta didik di Indonesia memiliki ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410130087320 DWI 50/2018Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 DWI 50/2018
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 110 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca masyarakat yang rendah. Bahkan untuk di lingkungan pendidikan pun peserta didik di Indonesia memiliki tingkat minat baca yang rendah. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan objek penelitian berdasarkan hasil yang diperoleh di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan informan menggunakan teknik purposif. Hasil Penelitian menunjukkan berdasarkan fungsi pemerintah ditinjau dari aspek pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan masih belum optimal dalam menjalankan Gerakan Literasi Sekolah. Pada aspek pelayanan, Dinas Pendidikan Kota Bandung belum optimal dalam hal pengadaan buku yang tidak sesuai dengan pedoman. Pada aspek pemberdayaan, Dinas Pendidikan Kota Bandung belum mampu melibatkan masyarakat untuk turut serta membantu mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah, selain itu ketidakterlibatan publik dalam Gerakan Literasi Sekolah ini membuat tujuan lingkungan sosial yang literat belum tercapai. Pada aspek pembangunan, Dinas Pendidikan Kota Bandung belum mampu bersinergi dengan pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan untuk mencapai lingkungan fisik yang literat. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam Gerakan Literasi Sekolah Tahun 2017 belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari masih belum bersinerginya Dinas Pendidikan dengan pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan serta dengan masyarakat.

    Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Fungsi Pemerintah, Dinas Pendidikan Kota Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi