Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Peran Keluarga Dalam Activity Of Saily Licing (ADL) Anak Down Syndrome (Studi Kasus Pada 2 Keluarga Anak Penyandang Down Syndrome Siswa SLB-C Purnama Asih, Kabupaten Bandung Barat )


Penelitian ini berjudul “Peran Keluarga Dalam Activity of Daily Living (ADL) Anak Down Syndrome (Studi Kasus Pada 2 (dua) Keluarga Anak Penyandang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310110072362 NAD 33/2015Perpustakaan Fisip Unpad (3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 NAD 33/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 NAD 33/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Peran Keluarga Dalam Activity of Daily Living (ADL) Anak Down Syndrome (Studi Kasus Pada 2 (dua) Keluarga Anak Penyandang Down Syndrome Siswa SLB-C Purnama Asih, Kabupaten Bandung barat)”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriptifkan peranan keluarga yang terdiri dari ayah, ibu serta anggota keluarga lainnya dalam membantu Activity of Daily Living (ADL) pada anak penyandang Down Syndrome melalui program yang dimiliki oleh SLB-C Purnama Asih berupa program bina. Adapun program diberikan untuk membantu anak penyandang Down Syndrome dalam aktivitas kesehariannya agar dapat hidup secara mandiri dan tidak selalu bergantung pada keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik studi kasus, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara mendalam dan observasi non-partisipatif. Informan yang terdapat dalam penelitian ini berjumlah 9 (sembilan) orang.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Activity of Daily Living (ADL) terdiri dari 3 (tiga) aspek kegiatan yaitu tatalaksana pribadi, komunikasi serta beradaptasi di lingkungan sekitar. Pada aspek tatalaksana pribadi peranan pada keluarga terhadap kegiatan merawat diri serta menolong diri sangat dibuthkan yang menjadikan keluarga harus berperan sebagai seorang guru dimana setiap keluarga harus mampu mengajarkan ulang setiap kegiatan yang diajarkan oleh sekolah. Pada aspek komunikasi, anak dapat berkomunikasi atau berbicara tergantung pendeteksian secara dini dari pihak keluarga dan keluarga perlu secara terus-menerus mengajak anak untuk berkomunikasi karena waktu keluarga dengan anak lebih besar dibandingkan waktu anak dengan guru. Pada aspek yang terakhir yaitu adaptasi dengan lingkungan sekitar peranan keluarga tidak kalah penting seperti pada aspek tatalaksana pribadi maupun komunikasi. Keluarga perlu berperan sebagai educator karena sebagai anggota keluarga baik sebagai ayah, ibu maupun saudara dari anak penyandang Down Syndrome perlu memberikan informasi maupun pengetahuan tentang lingkungan sekitar baik dari segi sosialisasi maupun kebersihan lingkungan.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan keluarga pada anak penyandang Down Syndrome sesuai dnegan menjalankan fungsi peranan pada keluarga walaupun tidak semua anggota keluarga berperan aktif dalam membantu anak penyandang Down Syndrome. Namun diperlukan sosialisasi lebih rinci lagi yang dilakukan oleh SLB-C Purnama Asih kepada keluarga anak penyandang Down Syndrome agar semua elemen anggota keluarga dapat memahami serta berperan aktif dan maksimal.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi