Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Fungsi Panti Dalam Mendukung Prestasi Akademik Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Asih Bandar Lampung


Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin meningkatnya angka jumlah Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) di Indonesia. Anak asuh di ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310110055362 SEL 15/2015Perpustakaan Fisip Unpad (3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 SEL 15/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 SEL 15/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin meningkatnya angka jumlah Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) di Indonesia. Anak asuh di PSAA kini tidak hanya terdiri dari anak berlatarbelakang yatim, piatu, yatim piatu, tetapi juga berlatarbelakang kemiskinan. Tujuan anak dimasukan ke PSAA adalah untuk melanjutkan pendidikan. Oleh karena itu, selain fokus dalam pengasuhan pengganti orang tua, PSAA juga memiliki kewajiban dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi anak asuhnya. Dalam penyelenggaraannya, PSAA menjalankan beberapa fungsi yang diarahkan untuk menunjang kebutuhan pendidikan sehingga anak mampu berprestasi, fungsi ini dijalankan oleh pihak panti melalui para pegawai, pengasuh, dan pekerja sosial dalam penanganan yang diberikan kepada anak.
    Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana fungsi yang dijalankan PSAA sehingga mampu mendukung prestasi anak asuh di bidang akademik. PSAA Budi Asih dipandang sebagai salah satu panti asuhan berhasil yang didalamnya terdapat banyak anak asuh berprestasi baik tingkat regional, daerah, maupun nasional. Fokus penelitian terdiri dari empat aspek yaitu sebagai lembaga pengasuhan pengganti orang tua, sebagai lembaga pelayanan sosial, sebagai pusat data, informasi dan konsultasi, serta sebagai pusat pengembangan keterampilan anak.
    Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini ialah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan di lapangan, wawancara mendalam,dan studi dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan mempertimbangkan keterkaitan informan dengan fokus penelitian dan pengetahuan yang dimiliki informan sehingga terpilihlah 6 orang informan. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi yang dijalankan PSAA Budi Asih dalam mendukung prestasi akademik anak dapat dikatakan sudah baik. Hal ini karena fungsi yang dijalankan telah mempertimbangkan langkah preventif dan tindak lanjut yang terarah untuk mengatasi kesulitan belajar anak. Para pegawai di panti memilki perannya masing-masing dalam mendidik anak, sehingga tidak terjadi tumpang tindih peran. Namun kekurangannya ialah PSAA Budi Asih kekurangan tenaga pengajar berkompeten bagi anak SMP dan SMA yang pelajarannya semakin sulit, sehingga seringkali kesulitan yang dihadapi anak SMP dan SMA dalam mengerjakan tugas tidak terselesaikan. Dari hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran untuk peningkatan kemampuan memanfaatkan sistem sumber yakni tenaga pengajar bagi anak SMP dan SMA melalui bimbingan belajar yang diselenggarakan secara rutin di PSAA Budi Asih.
    Kata Kunci
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi