Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pemberdayaan Masyarakatr Petambak Garam Kabupaten Cirebon Tahun 2014


Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Petambak Garam (Studi Tentang Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon Dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410110044320 YES 55/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 YES 55/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 YES 55/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Petambak Garam (Studi Tentang Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon Dalam Memberdayakan Masyarakat Petambak Garam Kabupaten Cirebon Tahun 2014)”. Hal yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah besarnya potensi sumberdaya kelautan khususnya sumberdaya garam di Kabupaten Cirebon namun sayangnya petambak garam belum mampu untuk menghasilkan garam dengan kuantitas dan kualitas yang maksimal. Berangkat dari hal tersebut, maka pemberdayaan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon diharapkan dapat menunjang pengetahuan dan kemampuan masyarakat petambak di Kabupaten Cirebon.
    Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber dari studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan ditentukan dengan teknik purposive.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pemberdayaan masyarakat petambak garam telah dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon. Upaya yang telah dilakukan adalah melalui upaya pemberian bantuan untuk alat-alat tambak hingga pembinaan akan penggunaan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi garam.
    Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya dalam memberdayakan masyarakat petambak garam di Kabupaten Cirebon oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon masih membutuhkan peran aktif yang lebih untuk melihat keadaan dan kebutuhan masyarakat. Dimana kemampuan dan pengetahuan petambak garam perlu untuk lebih ditingkatkan serta perlindungan harga bagi petambak garam.
    Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Petambak Garam
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi