Detail Cantuman

Image of Pengaruh Ekuitas Merek Dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kesetiaan Pelanggan Minimarket Di Kota Bogor : Studi Komparatif Antara Alfamart, Indomaret, Dan SBMart Di Perumahan BCC

 

Pengaruh Ekuitas Merek Dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kesetiaan Pelanggan Minimarket Di Kota Bogor : Studi Komparatif Antara Alfamart, Indomaret, Dan SBMart Di Perumahan BCC


Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang demikian pesat menandai semakin luasnya
perkembangan bisnis di Indonesia. Termasuk bisnis ritel, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150700139658.81 Ism PPerpustakaan Pusat (REF.12.363)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.81 Ism P/R.12.363
    Penerbit Magister Ekonomi Dan Bisnis : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix,;166 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.81 Ism P
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang demikian pesat menandai semakin luasnya
    perkembangan bisnis di Indonesia. Termasuk bisnis ritel, perkembangan bisnis ritel
    semakin pesat dimulai dengan era supermarket di tahun 70-an, era perkulakan di era 80-an
    kemudian minimarket diera 90-an sampai dengan sekarang.

    Perkembangan minimarket tidak terbendung karena konsepnya sangat cocok
    dengan po la kehidupan masyarakat pada saat itu yang tidak memiliki banyak waktu luang
    untuk berbelanja, menuntut kenyamanan serta memiliki daya beli yang cukup. Minimarket
    memberikan konsep nyaman, dekat dan cepat. Ditambah lagi begitu kuatnya bisnis ini
    menghadapi krisis ekonomi yang melanda Indonesia di akhir tahun 1998. Minimarket
    semakin menjamur dan menjadi bagian hidup atau kebiasaan masyarakat.

    Persaingan antar minimarket tidak terelakan antara Indomaret, Alfamart, SBmart,
    Yomart, Circle K, Family Mart, Seven Eleven yang saling berebut pangsa pasar dengan
    membangun konsep dan strategy masing-rnasing. Kesetiaan pelanggan adalah satu hal
    yang menjadi tujuan setiap minimarket, karena seiring dengan munculnya minimarket
    barn dalam sebuah lokasi akan mengancam beralihnya konsumen minimarket yang sudah
    ada.

    Apa yang hams dilakukan demi menciptakan kesetiaan pelanggan adalah satu
    pertanyaan yang harus dijawab oleh manajemen atas setiap minimarket-rninimarket
    tersebut. Penelitian ini bermaksud menjawab pertanyaan tadi dengan dugaan kekuatan
    brand dan inovasi pelayanan memiliki korelasi yang kuat atas pembentukan kesetiaan
    pelanggan. Penelitian dilakukan terhadap tiga minimarket yaitu Indomaret, Alfamart dan
    SBmart. Penelitian dilakukan di daerah Bogor dimana ketiga minimarket tersebut berada
    dalarn satu area yang sama dan sangat berdekatan sehingga unsur kesetiaan menjadi sangat
    teruji.

    Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey dengan memberikan kuesioner
    kepada pelanggan minimarket-minimarket tersebut, data yang ada diolah menggunakan
    teknik regresi ganda untuk menguji hipotesis-hipotesis yang ada. Teknik semantic
    diferential juga akan dilakukan untuk mempermudah membaca keadaan kesetiaan
    pelanggan, kekuatan merek serta inovasi pelayanan secara visual dari rnasing-masing
    minimarket tersebut.

    Hasilnya, baik secara parsial maupun secara simultan teruji kesetiaan pelanggan
    secara kuat dipengaruhi oleh ekuitas merek dan inovasi pelayanan. Dari hasil survey juga
    dapat dibandingkan tingkat kesetiaan pelanggan, ekuitas merek dan inovasi pelayanan dari
    setiap minimarket yang diteliti.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi