Pengaruh Ekuitas Merek Dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kesetiaan Pelanggan Minimarket Di Kota Bogor : Studi Komparatif Antara Alfamart, Indomaret, Dan SBMart Di Perumahan BCC
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang demikian pesat menandai semakin luasnya
perkembangan bisnis di Indonesia. Termasuk bisnis ritel, ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001150700139 658.81 Ism P Perpustakaan Pusat (REF.12.363) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 658.81 Ism P/R.12.363Penerbit Magister Ekonomi Dan Bisnis : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik xix,;166 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.81 Ism PTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Ismail, Gustaf -
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang demikian pesat menandai semakin luasnya
perkembangan bisnis di Indonesia. Termasuk bisnis ritel, perkembangan bisnis ritel
semakin pesat dimulai dengan era supermarket di tahun 70-an, era perkulakan di era 80-an
kemudian minimarket diera 90-an sampai dengan sekarang.
Perkembangan minimarket tidak terbendung karena konsepnya sangat cocok
dengan po la kehidupan masyarakat pada saat itu yang tidak memiliki banyak waktu luang
untuk berbelanja, menuntut kenyamanan serta memiliki daya beli yang cukup. Minimarket
memberikan konsep nyaman, dekat dan cepat. Ditambah lagi begitu kuatnya bisnis ini
menghadapi krisis ekonomi yang melanda Indonesia di akhir tahun 1998. Minimarket
semakin menjamur dan menjadi bagian hidup atau kebiasaan masyarakat.
Persaingan antar minimarket tidak terelakan antara Indomaret, Alfamart, SBmart,
Yomart, Circle K, Family Mart, Seven Eleven yang saling berebut pangsa pasar dengan
membangun konsep dan strategy masing-rnasing. Kesetiaan pelanggan adalah satu hal
yang menjadi tujuan setiap minimarket, karena seiring dengan munculnya minimarket
barn dalam sebuah lokasi akan mengancam beralihnya konsumen minimarket yang sudah
ada.
Apa yang hams dilakukan demi menciptakan kesetiaan pelanggan adalah satu
pertanyaan yang harus dijawab oleh manajemen atas setiap minimarket-rninimarket
tersebut. Penelitian ini bermaksud menjawab pertanyaan tadi dengan dugaan kekuatan
brand dan inovasi pelayanan memiliki korelasi yang kuat atas pembentukan kesetiaan
pelanggan. Penelitian dilakukan terhadap tiga minimarket yaitu Indomaret, Alfamart dan
SBmart. Penelitian dilakukan di daerah Bogor dimana ketiga minimarket tersebut berada
dalarn satu area yang sama dan sangat berdekatan sehingga unsur kesetiaan menjadi sangat
teruji.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey dengan memberikan kuesioner
kepada pelanggan minimarket-minimarket tersebut, data yang ada diolah menggunakan
teknik regresi ganda untuk menguji hipotesis-hipotesis yang ada. Teknik semantic
diferential juga akan dilakukan untuk mempermudah membaca keadaan kesetiaan
pelanggan, kekuatan merek serta inovasi pelayanan secara visual dari rnasing-masing
minimarket tersebut.
Hasilnya, baik secara parsial maupun secara simultan teruji kesetiaan pelanggan
secara kuat dipengaruhi oleh ekuitas merek dan inovasi pelayanan. Dari hasil survey juga
dapat dibandingkan tingkat kesetiaan pelanggan, ekuitas merek dan inovasi pelayanan dari
setiap minimarket yang diteliti.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.