Detail Cantuman

Image of MODEL PELAYANAN SEKRETARIAT REKTOR DALAM MENUJU EXCELLENT SERVICE UNIVERSITAS PADJADJARAN (Studi Kasus Pada Sekretariat Rektor Universitas Padjadjaran)

 

MODEL PELAYANAN SEKRETARIAT REKTOR DALAM MENUJU EXCELLENT SERVICE UNIVERSITAS PADJADJARAN (Studi Kasus Pada Sekretariat Rektor Universitas Padjadjaran)


Pelayanan merupakan proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas
intangible yang biasa (namun tidak harus selalu) terdiri dari interaksi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150700112651.3 Nur MPerpustakaan Pusat (REF.12.118)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    651.3 Nur M/R.12.118
    Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii,199 hlm. Ilus ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    651.3
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pelayanan merupakan proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas
    intangible yang biasa (namun tidak harus selalu) terdiri dari interaksi antara
    pelanggan dan karyawan, jasa dan sumber daya, fisik dan barang, dan system
    penyedia jasa, yang disediaan sebagai solusi atas masalah pelanggan (Gronroos
    dalam Tjiptono: 2005). Universitas Padjadjaran sebagai salah satu lembaga
    pemerintah mempunyai tugas dalam memberikan layanan Perguruan Tinggi yang
    mempunyai standar baik (excellent) yang diharapkan mampu memuaskan
    pelanggannya. Sekretariat Rektor Unpad sebagai salah satu unit Rektorat menjadi
    salah satu jendela memasuki Rektorat Universitas Padjadjaran, yang tentunya
    diharapkan mencerminkan bagian pelayanan yang baik dalam menjalankan tugas
    pelayanan Rektorat Universitas Padjadjaran.

    Pelayanan Prima (Excellent Service) merupakan pelayanan terbaik yang
    diharapkan mampu dicapai Universitas Padjadjaran, sesuai grand renstra 2012-
    2016 yang telah ditetapkan. Kinerja dalam pelayanan perlu terus upaya
    ditingkatan dengan kinerja SDM yang ditunjang sistem dan sarana/prasarananya.

    Melihat fenomena pelayanan Sekretariat Rektor Unpad saat ini yang
    masih belum ditunjang sistem pelayanan yang efektif sehingga kurang
    mengutamakan pelanggan walaupun pelayanan dengan hati secara performance
    personal sudah ditunjukkan. Pelayanan prima mempunyai prinsip dasar Perbaikan
    Berkelanjutan juga, dimana Sekretariat Rektor dalam perkembangannya selalu
    berupaya memperbaiki kinerja pelayanan, agar prinsip dasar Pemberdayaan
    Pelanggan-pun dapat terwujud.

    Penelitian ini berlatar belakang kondisi/existing pelayanan yang dilakukan
    saat ini, sehingga melakukan teknik komparasi menjadi salah satu hal yang
    dilakukan penulis untuk mendapat referensi dalam upaya improvement pelayanan
    di Sekretariat Rektor Universitas Padjadjaran. Komparasi dilakukan dengan
    Pergurun Tinggi lain yang ada di Indonesia, yaitu ITB, IPB, UI dan UGM dengan
    melihat masing-masing bidang pelayanan yang dilakukan di Sekretariat Rektor
    Unpad, ITB, UI, UGM,dan IPB menggunakan 5 prinsip dasarpelayanan prima
    yaitu : (l) Sistem Yang Efektif (2)Pelayanan yang mengutamakan Pelanggan
    (3)Mengutamakan Hati (4)Perbaikan Berkelanjutan (5) Pemberdayaan Pelanggan.

    · /-.l

    Penelitian ini menggunakan metode pendekatan mix kualitatif/Mixed
    Methode Research (MMR), dengan teknik pengumpulan data; kuesioner,
    observasi langsung, wawancara, -dokumen dan Komparasi. Analisa data yang
    digunakan adalah deskriftif kualitatif-kuantitatif. Uji Validitas dan Reliabilitas
    dilakukan untuk selanjutnya melakukan tahap penelitian terdiri dari; (1 )Existing
    Condition Sekretariat Rektor Unpad (2) Existing Condition Sekretariat Rektor
    IPB, UGM,ITB dan UI(3) KomparasiIPerbandingan dan (4) Menggabungkan
    hasil riset.

    Hasil Penelitian dengan mengklasifikasi bidang layanan Kesekretariatan,
    Keprotokolan dan Pendokumentasian pada masing-masing Sekretariat Rektor
    PTN dimaksud, menunjukkan secara kuantitatif (berdasarkan 5 prinsip dasar
    pelayanan prima) adanya perbedaan pelayanan Sekretariat Rektor di Unpad, IPB,
    UGM, UI dan ITB. Begitupun secara kualitatif berdasar sumber wawancara, dan
    dokumen menunjukkan adanya perbedaan pelayanan yang diberikan oleh masing­
    masing PTN. Perbedaan tersebut menjadi perbandingan dan benchmark, yang
    menghasilkan model pelayanan di Sekretariat Rektor Unpad.

    Model pelayanan sebagai improvement pelayanan Sekretariat Rektor
    Unpad, adalah merancang Model Pelayanan Terintegrasi Sekretariat Rektorat
    Unpad. Model terintegrasi ini menjadi dasar pelayanan yang diharapkan dapat
    meminimalisir keterlambatan informasi arahan kerja Rektor/pimpinan, adanya
    ukuran waktu pelayanan yang jelas sehingga dapat menciptakan pelayanan prima.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi