Detail Cantuman

Image of Perbedaan Kekuatan Tarik Diametral Antara Semen Glass Ionomer Tipe Luting yang Belum Kedaluwarsa dan Telah Kedaluwarsa

Skripsi  

Perbedaan Kekuatan Tarik Diametral Antara Semen Glass Ionomer Tipe Luting yang Belum Kedaluwarsa dan Telah Kedaluwarsa


Semen glass ionomer tipe luting merupakan semen yang terdiri dari bubuk fluoroaluminosilicate glass dan cairan asam poliakrilat berbasis air, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Itmkg1-9191 620.1 Rah PJatinangor (itmkg)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.1 Rah P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    xii, 71hlm; 20,1x30cm; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120100
    Klasifikasi
    itmkg
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Semen glass ionomer tipe luting merupakan semen yang terdiri dari bubuk fluoroaluminosilicate glass dan cairan asam poliakrilat berbasis air, mengeras berdasarkan reaksi asam-basa, dan digunakan untuk sementasi restorasi dan alat ortodontik. Sifat mekanis merupakan hal penting yang menentukan keberhasilan klinis suatu semen. Sifat bahan kedokteran gigi, salah satunya sifat mekanis, dipengaruhi oleh umur pakai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan nilai kekuatan tarik diametral semen glass ionomer tipe luting yang belum dan telah kedaluwarsa.
    Uji kekuatan tarik diametral dilakukan pada masing-masing 15 buah spesimen berbentuk piringan (diameter 6 mm dan tinggi 3 mm) untuk 2 kelompok menggunakan Protech� Gold Glass Ionomer Band Cement (Ormco Corporation). Spesimen direndam dalam akuabides pada suhu 37oC selama 24 jam kemudian diuji pada universal testing machine (Lloyd) dengan kecepatan crosshead 0,5mm/menit hingga terjadi fraktur. Data dianalisis dengan uji t independen (α=0,05).
    Rerata hasil uji kekuatan tarik diametral semen glass ionomer tipe luting yang belum kedaluwarsa adalah 5,0683 MPa dan yang telah kedaluwarsa adalah 4,5454 MPa. Nilai tersebut berdistribusi secara normal.
    Simpulan penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada nilai kekuatan tarik diametral antara semen glass ionomer tipe luting yang belum kedaluwarsa dan telah kedaluwarsa.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi