Detail Cantuman

Image of Prevalensi Disfungsi Sendi Temporomandibula pada Anak dengan Forward Head Posture di RSGM Unpad

Skripsi  

Prevalensi Disfungsi Sendi Temporomandibula pada Anak dengan Forward Head Posture di RSGM Unpad


Disfungsi sendi temporomandibula merupakan kondisi patologis yang melibatkan muskulatur mastikatori, sendi temporomandibula, atau keduanya. Disfungsi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ped1-430430 617.64 Tri PJatinangor (pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Tri P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120003
    Klasifikasi
    Pedodonsia
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Disfungsi sendi temporomandibula merupakan kondisi patologis yang melibatkan muskulatur mastikatori, sendi temporomandibula, atau keduanya. Disfungsi sendi temporomandibula tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun juga pada anak-anak. Etiologi disfungsi sendi temporomandibula pada anak bersifat multifaktorial, salah satunya ialah postur tubuh anak yang salah khususnya forward head posture. Posisi kepala pada postur tersebut terletak lebih anterior daripada batang tubuh yang dilihat dari penampang sagital. Perubahan kranioservikal pada forward head posture dapat mengubah posisi mandibula saat istirahat sehingga komponen-komponen dalam sendi temporomandibula mengalami disfungsi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prevalensi disfungsi sendi temporomandibula pada anak dengan forward head posture di RSGM Unpad.

    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik survei. Penelitian dilakukan di Instalasi Ilmu Kedokteran Gigi Anak RSGM Unpad pada bulan Maret hingga Mei 2016. Subjek penelitian adalah pasien anak usia 6-12 tahun di Instalasi Ilmu Kedokteran Gigi Anak RSGM Unpad.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 69 subjek penelitian, ditemukan 48 anak dengan forward head posture yang mengalami disfungsi sendi temporomandibula.

    Kesimpulan dari peneltian menunjukkan bahwa prevalensi disfungsi sendi temporomandibula pada anak dengan forward head posture di RSGM Unpad adalah sebesar 69,57%.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi