Detail Cantuman

Image of Korelasi Usia Kronologis dan Citra Pola Tumbuh Kembang Gigi Molar Kedua Permanen Mandibula pada Radiograf Panoramik Pasien Laki-laki

Skripsi  

Korelasi Usia Kronologis dan Citra Pola Tumbuh Kembang Gigi Molar Kedua Permanen Mandibula pada Radiograf Panoramik Pasien Laki-laki


Usia dental dapat dinilai dengan mengamati tingkat kalsifikasi gigi yang berkembang pada gambaran radiografi. Metode Demirjian merupakan hasil ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Rad1-218218 616.0757 Wir KJatinangor (Radiologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.0757 Wir K
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 92hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130108
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Usia dental dapat dinilai dengan mengamati tingkat kalsifikasi gigi yang berkembang pada gambaran radiografi. Metode Demirjian merupakan hasil evaluasi keturunan French-Canadian. Penilaian tumbuh kembang gigi yang dilakukan untuk populasi masyarakat Indonesia masih sangat sedikit.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara usia kronologis dan citra pola tumbuh kembang gigi molar kedua permanen mandibula pada radiograf panoramik pasien laki-laki.
    Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik korelatif secara observasional dengan rancangan studi cross-sectional. Sampel berjumlah 67 orang, diperoleh melalui consecutive sampling. Penelitian dilakukan dengan mengkorelasikan usia kronologis dan tahap tumbuh kembang gigi molar kedua permanen mandibula dengan menggunakan metode Demirjian.
    Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,87 antara usia kronologis dan pola tumbuh kembang gigi yang dihitung dengan rank Spearman.
    Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat korelasi antara usia kronologis dan pola tumbuh kembang gigi molar kedua permanen mandibula pada pasien laki-laki usia 5-15 tahun.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi