Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Strategi Nafkah Rumah Tangga Peternakan Sapi Perah Skala Kecil Dalam memenuhi Kebutuhan Hidup (Studi Kasus di Kelompok Ternak Harapan Jaya Desa Haurgombong Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang)


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang pada tanggal 01 Mei sampai tanggal 11 Juni 2017. Penelitian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR000371Skr.5686Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.5686
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 74 hal.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    636.01
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilaksanakan di Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang pada tanggal 01 Mei sampai tanggal 11 Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi nafkah dan sumber nafkah yang dijalankan dan dimanfaatkan oleh peternak sapi perah skala kecil dalam memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 11 orang melalui pengambilan sampel secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan 1) strategi nafkah yang dijalankan peternak sapi perah skala kecil adalah diversifikasi pekerjaan sebanyak 75% khususnya dibidang pertanian, migrasi sebanyak 12,5%, dan ketiga strategi nafkah sebanyak 12,5%, 2) sumber nafkah yang dimanfaatkan meliputi modal alam sebanyak 25%, modal manusia sebanyak 12%, modal fisik sebanyak 38%, dan modal sosial sebanyak 12%, sedangkan untuk modal finansial sebanyak 13% dan jarang digunakan karena habis untuk kehidupan sehari-hari.
    Kata Kunci : Strategi Nafkah, Sumber Nafkah, Peternak Sapi Perah Skala Kecil
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi