Detail Cantuman

Image of PENGEMBANGAN PURWARUPA SISTEM RESERVASI DARING DOKTER GIGI BERBASIS MOBILE DI RSGM UNPAD

Skripsi  

PENGEMBANGAN PURWARUPA SISTEM RESERVASI DARING DOKTER GIGI BERBASIS MOBILE DI RSGM UNPAD


Aspek kemudahan pendaftaran di fasilitas pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Sejalan dengan perkembangan teknnologi, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    OB1-47634763 611 Fat PJatinangor (Oral Biologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    611 Fat P
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 93 hlm,; illus; 29x21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110150119
    Klasifikasi
    611
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Aspek kemudahan pendaftaran di fasilitas pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Sejalan dengan perkembangan teknnologi, saat ini masyarakat sudah terbiasa menggunakan smartphone, tidak hanya untuk fungsi komunikasi saja. Berdasarkan situasi tersebut, dalam rangka peningkatan kepuasan pasien di RSGM Unpad, maka terdapat peluang mengembangkan aplikasi pendaftaran daring. Penelitian pengembangan purwarupa ini bertujuan menganalisa tingkat kebutuhan dan membentuk purwarupa pendaftaran daring yang mudah digunakan RSGM Unpad.

    Penelitian dilakukan dengan metode gabungan (Mixed Method) yang melalui 3 tahap. Tahap pertama adalah wawancara awal untuk menggali permasalahan pendaftaran saat ini dan kebutuhan pasien akan sistem pendaftaran daring. Tahap kedua adalah pembuatan desain purwarupa. Tahap ketiga adalah survei penilaian terhadap desain purwarupa.

    Seluruh responden (100%) wawancara menyatakan dukungan atau berharap adanya aplikasi sistem pendaftaran daring untuk di RSGM Unpad, dengan distribusi 40% mendukung beserta rekomendasi fitur yang diharapkan secara spesifik dan 60% hanya mendukung tanpa rekomendasi fitur spesifik. Hasil pengujian purwarupa dilaksanakan dengan 30 responden.

    Hasil uji coba berdasarkan aspek yang dinilai dengan skala likert (1-5) yaitu, aspek efektifitas dan efisiensi dengan nilai 4,24, aspek respon waktu dengan nilai 4,36 tingkat kepuasan dengan nilai 4,29, kemampuan belajar dengan nilai 4,11, tingkat kesalahan dengan nilai 2,21, kemampuan mengingat dengan nilai 3,75 dan kemampuan mental dengan nilai 3,74.

    Bedasarkan hasil analisis kebutuhan dan tervalidasi di uji purwarupa, fitur unggulan aplikasi yaitu adanya otomatisasi pengingat jadwal bagi pasien, sehingga mencegah kejadian pasien tidak hadir di hari berobatnya.

    Secara keseluruhan, purwarupa yang telah di uji coba sesuai dengan harapan responde. Penelitian ini menyarankan adanya penambahan fitur konsultasi daring dan informasi kesehatan untuk penelitiannya selanjutnya.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi