Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Stigma Mahasiswa Kedokteran Gigi Preklinik Unpad Terhadap Orang Dengan HIV


Pendahuluan: Jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia yang bertambah secara signifikan, merupakan tantangan kesehatan yang serius bagi dokter gigi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IPM1 - 49544954 616.31 Uta GJatinangor (IPM (OM))Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.31 Uta G
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 100 hlm; ilus,; 21 X 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160101
    Klasifikasi
    616.31
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia yang bertambah secara signifikan, merupakan tantangan kesehatan yang serius bagi dokter gigi dalam merawat Orang dengan HIV. Pengetahuan mengenai Orang dengan HIV bagi mahasiswa kedokteran gigi dan sikap yang mendukung sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan pasien Orang dengan HIV, pada saat praktik mandiri kelak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat pengetahuan dan stigma mahasiswa preklinik Kedokteran Gigi Unpad terhadap Orang dengan HIV.

    Metode: Jenis penelitian ini deskriptif cross-sectional, teknik pengambilan responden penelitian purposive sampling dan penentuan jumlah responden penelitian menggunakan rumus proporsi. Alat penelitian menggunakan kuesioner mengenai tingkat pengetahuan HIV/AIDS dan stigma terhadap Orang dengan HIV. Pertanyaan dalam kuesioner penelitian ini merupakan modifikasi beberapa kuesioner yang sudah dipublikasikan sebelumnya, kemudian diterjemahkan secara back and forth (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) oleh penerjemah bersertifikat, selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan statistik alpha cronbach. Penelitian ini mendapatkan rekomendasi dari komite etik penelitian kesehatan Unpad no. 1316/UN6.KEP/EC/2019

    Hasil: Tingkat pengetahuan mahasiswa kedokteran gigi preklinik sebagian besar sudah baik (80.5% responden) dengan rata-rata skor 8.2 dari 10. Tingkat stigma yang dimiliki sebagian besar juga rendah (96.1% responden) dengan rata rata skor 10.8 dari 14. Tingkat pengetahuan dengan materi mengenai transmisi (44.7%) dan kemungkinan penularan infeksi HIV (40.8%) perlu ditingkatkan. Tingkat stigma dengan materi tanggung jawab Orang dengan HIV dalam penularkan penyakit AIDS (59.2%) perlu ditingkatkan karena lebih dari setengah mahasiswa menjawab salah.

    Simpulan: Tingkat pengetahuan mahasiswa kedokteran gigi preklinik mengenai HIV/AIDS sudah baik, sedangkan stigma yang dimiliki dalam kategori rendah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi