Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Analisis penurunan jumlah bakteri Salmonella sp. Dan Eschechia coli pada pembuatan biogas campuran feses sapi perah dan jerami padi pada berbagai kadar air.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar air substrat campuran feses sapi perah dan jerami padi pada proses pembuatan biogas terhadap ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR001467Skr.6130Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.6130
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 53 hlm.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    628.748
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar air substrat campuran feses sapi perah dan jerami padi pada proses pembuatan biogas terhadap penurunan jumlah bakteri Salmonella sp. dan Escherichia coli. Penelitian ini dilakukan secara ekperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan kadar air, yakni 60 %, 75 %, dan 90 %, dan masing-masing terdiri atas 6 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis statistik menggunakan ANOVA, dan hasilnya menunjukkan bahwa perlakuan berbagai kadar air pada pembuatan biogas yakni 60%, 75%, dan 90% memberi pengaruh yang sama terhadap penurunan jumlah bakteri Salmonella sp. dan Escherichia coli (P>0,05). Berdasarkan analisis menggunakan metode Polynomial Orthogonal pada perlakuan berbagai kadar air terhadap penurunan jumlah bakteri Salmonella sp. dan Escherichia coli menghasilkan respon dengan pola kecenderungan tidak beraturan pada linier maupun kuadratik.
    Kata kunci : Salmonella sp., Escherichia coli, kadar air, campuran feses sapi perah dan jerami padi, biogas
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi