Detail Cantuman

Image of PELIMPAHAN KEWENANGAN PENGELOLAAN REKLAME KEPADA BADAN PELAYANAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU (BPPMPT) DI KOTA TANGERANG

 

PELIMPAHAN KEWENANGAN PENGELOLAAN REKLAME KEPADA BADAN PELAYANAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU (BPPMPT) DI KOTA TANGERANG


Pengelolaan reklame di Kota Tangerang sebagai konsekuensi dari pelimpahan
penandatanganan perizinan dari Walikota Tangerang kepada Badan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150100038351 Sug p/R.17.369Perpustakaan Pusat (REF.17.369)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 Sug p/R.17.369
    Penerbit Program Pasca Sarjana : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii,;207 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 Sug p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pengelolaan reklame di Kota Tangerang sebagai konsekuensi dari pelimpahan
    penandatanganan perizinan dari Walikota Tangerang kepada Badan Pelayanan
    Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPPMPT) ini belum membuahkan hasil
    yang baik. Hal itu menjadi penting karena diberikannya kewenangan tersebut pada
    hakikatnya dimaksudkan untuk membuat pemerintah daerah lebih efektif dan efisien.
    Peraturan Walikota Tangerang Nomor 52 Tahun 2011 menyebutkan bahwa
    Kewenangan BPPMPT Kota Tangerang berasal. dari kewenangan Kota Tangerang yang
    merupakan Kewenangan Walikota, kemudian dilimpahkan sebagian kewenangannya
    kepada BPPMPT Kota Tangerang yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan
    tugas pokok dan fungsi BPPMPT Kota Tangerang. Dari bidang pelimpahan
    kewenangan Walikota Tangerang kepada BPPMPT Kota Tangerang tersebut, yang
    seringkali berhubungan dengan kepentingan pengusaha adalah kewenangan di bidang
    izin reklame. Sejauh ini terdapat masalah yang cukup menarik untuk diteliti, yaitu tidak
    efektifnya pelimpahan kewenangan pengelolaan reklame di Kota Tangerang.

    Penelitian mengenai pelimpahan kewenangan pengelolaan reklame kepada
    BPPMPT di Kota Tangerang ini dianalisis menggunakan Teori Pelimpahan
    Kewenangan dari Stoner (1995:358) yang meliputi 3 (tigajaspek, yaitu aspek kesediaan
    pimpinan untuk memberikan kebebasan, aspek komunikasi terbuka antar pimpinan dan
    bawahan, dan aspek kemampuan pimpinan untuk menganalisis berbagai faktor yang
    terkait dengan sasaran organisasi, prasyarat tugas, clan kemampuan bawahan. Metode
    penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif, dimana peneliti menjadi
    instrumen penelitian serta pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,

    dan FGD (Focus Group Discussion). .

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya pelimpahan kewenangan ini
    diambil sebagai langkah untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat dan
    menjaga kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif antara pemerintah
    daerah dengan para pengusaha di Kota Tangerang. Di samping itu, pelimpahan
    kewenangan ini juga diambil dalam rangka memenuhi aspirasi dan tuntutan masyarakat.
    Namun dalam implementasinya, pelayanan tersebut belum dapat dilaksanakan secara
    efektif sehingga pelimpahan kewenangan ini belum mampu meningkatkan tercapainya
    pengelolaan reklame oleh Pemerintah Kota Tangerang dan pelayanan BPPMPT Kota
    Tangerang yang berkualitas kepada masyarakat. Pelimpahan kewenangan kepada
    BPPMPT Kota Tangerang belum didukung oleh sumber daya yang memadai, dimana
    pelimpahan kewenangan belum didukung dengan personil, dan fasilitas penunjang yang
    memadai. Selain itu, sebagai manifestasi dari tujuan dari penelitian ini, ditemukan
    konsep barn, bahwa di dalam pelaksanaan pelimpahan kewenangan, diperlukan
    sinkronisasi antar unit organisasi memegang peranan penting untuk mencapai tujuan
    organisasi yang efektif pada suatu proses manajerial di sektor publik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi