Detail Cantuman

Image of KARAKTERISTIK WARALABA ASING  DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN  PENGARUHNYA TERHADAP RESPON KOMPETITIF  DAN KINERJA WARALABA LOKAL

 

KARAKTERISTIK WARALABA ASING DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PENGARUHNYA TERHADAP RESPON KOMPETITIF DAN KINERJA WARALABA LOKAL


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena gencarnya penetrasi
waralaba asmg di Indonesia dan lambatnya perkembangan kinerja industri

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0818Perpustakaan PusatTersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    650 Ram k/R.12.87.2
    Penerbit Program Doktor Ilmu Ekonomi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv,;260 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    650 Ram k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena gencarnya penetrasi
    waralaba asmg di Indonesia dan lambatnya perkembangan kinerja industri
    waralaba lokal. Respon kompetisi yang beragam dari para pengelola gerai
    waralaba lokal dengan tingkat kewirausahaannya berimplikasi pada adanya
    fenomena variasi kinerja usaha diantara gerai yang ada.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruhldampak kehadiran
    waralaba asing terhadap kinerja usaha waralaba lokal dalam konteks negara
    berkembang Indonesia. Studi dampak ini juga diperkaya dengan mengkaji peran
    respon kompetitif dan orientasi kewirausahaan waralaba lokal dalam menghadapi
    keunggulan karakteristik waralaba asing yang dikenal memiliki keunggulan dalam
    dimensi citra merek global, kualitas layananJproduk dan pemasaran lokal
    geramya.

    Peran ketiga variabel utama ini pengaruhnya secara simultan dan parsial
    dikaji dengan menggunakan metode integrative research method yang
    mengkombinasikan riset kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dengan
    menggunakan FGD dan wawancara mendalam guna menggali instrumen
    penelitian dan mengkonfirmasi temuan yang dihasilkan. Pendekatan kuantitatif
    menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) dan uji deskriptif
    lainnya seperti independent t test dan Chi Square. Penelitian ini memfokuskan
    primary field survey atas sejumlah gerai waralaba restoran lokal di Jakarta.

    Hasilnya ditemukan bahwa model penelitian yang dibangun termasuk
    good fit dan secara simultan ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap
    kinerja gerai. Temuan menarik dari penelitian ini adalah bahwa karakteristik
    waralaba asing dapat meingkatkan respon kompetitif waralaba lokal yang dapat
    mempertahankan atau meningkatkan kinerja perusahaan. Namun demikian,
    karakteristikwaralaba asing juga berpengaruhlberdampak negatif bagi kinerja
    waralaba lokal, terutama pada kondisi oreintasi kewirausahaan waralaba lokal
    yang belum mendukung secara efektif respon kompetitif mereka, sehingga
    berakibat kurang mampu mempertahankan kinerja mereka (waralaba lokal).

    Berdasarkan hal ini, penelitian ini menghasilkan novelty berupa model
    respon kompetitif waralaba lokal dalam menghadapi waralaba asing guna
    mempetahankan kinerja usaha mereka.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi