KARAKTERISTIK WARALABA ASING DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PENGARUHNYA TERHADAP RESPON KOMPETITIF DAN KINERJA WARALABA LOKAL
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena gencarnya penetrasi
waralaba asmg di Indonesia dan lambatnya perkembangan kinerja industri
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0818 Perpustakaan Pusat Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 650 Ram k/R.12.87.2Penerbit Program Doktor Ilmu Ekonomi Unpad : Bandung., 2016 Deskripsi Fisik xv,;260 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 650 Ram kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Lupiyoadi Rambat -
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena gencarnya penetrasi
waralaba asmg di Indonesia dan lambatnya perkembangan kinerja industri
waralaba lokal. Respon kompetisi yang beragam dari para pengelola gerai
waralaba lokal dengan tingkat kewirausahaannya berimplikasi pada adanya
fenomena variasi kinerja usaha diantara gerai yang ada.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruhldampak kehadiran
waralaba asing terhadap kinerja usaha waralaba lokal dalam konteks negara
berkembang Indonesia. Studi dampak ini juga diperkaya dengan mengkaji peran
respon kompetitif dan orientasi kewirausahaan waralaba lokal dalam menghadapi
keunggulan karakteristik waralaba asing yang dikenal memiliki keunggulan dalam
dimensi citra merek global, kualitas layananJproduk dan pemasaran lokal
geramya.
Peran ketiga variabel utama ini pengaruhnya secara simultan dan parsial
dikaji dengan menggunakan metode integrative research method yang
mengkombinasikan riset kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dengan
menggunakan FGD dan wawancara mendalam guna menggali instrumen
penelitian dan mengkonfirmasi temuan yang dihasilkan. Pendekatan kuantitatif
menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) dan uji deskriptif
lainnya seperti independent t test dan Chi Square. Penelitian ini memfokuskan
primary field survey atas sejumlah gerai waralaba restoran lokal di Jakarta.
Hasilnya ditemukan bahwa model penelitian yang dibangun termasuk
good fit dan secara simultan ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap
kinerja gerai. Temuan menarik dari penelitian ini adalah bahwa karakteristik
waralaba asing dapat meingkatkan respon kompetitif waralaba lokal yang dapat
mempertahankan atau meningkatkan kinerja perusahaan. Namun demikian,
karakteristikwaralaba asing juga berpengaruhlberdampak negatif bagi kinerja
waralaba lokal, terutama pada kondisi oreintasi kewirausahaan waralaba lokal
yang belum mendukung secara efektif respon kompetitif mereka, sehingga
berakibat kurang mampu mempertahankan kinerja mereka (waralaba lokal).
Berdasarkan hal ini, penelitian ini menghasilkan novelty berupa model
respon kompetitif waralaba lokal dalam menghadapi waralaba asing guna
mempetahankan kinerja usaha mereka. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.