Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T64-Formulasi dan Evaluasi SLN (Solid Lipid Nanoparticle) Koenzim Q10 Sebagai Antioksidan Kulit (Yola Desnera Putri; Dr. Marline Abdassah, MS; Dra. Emma Surachman, M.Si; Muchtaridi, M.Si., Ph.D.)


Koenzim Q10bermanfaat sebagai antioksidan kulityangdapat memperlambat penuaan kulit. Koenzim merupakan golongan kuinon yang terdiri atas sepuluh ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20170062T64Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T64
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Koenzim Q10bermanfaat sebagai antioksidan kulityangdapat memperlambat penuaan kulit. Koenzim merupakan golongan kuinon yang terdiri atas sepuluh rantai samping unit isoprena sehingga bersifat sangat lipofilik. Namun, stabilitas koenzim Q10 sangat rendah dalam sediaan konvesional emulsi sehingga diperlukan sistem pembawa yang tepat untuk menghantarkan senyawa tersebut ke kulit. Penelitian ini dilakukan untuk memformulasikan koenzim Q10 dalam bentuk SLN (Solid Lipid Nanoparticle) sebagai sistem pembawa, karena sediaan SLN memiliki daya penetrasi bahan aktif yang lebih baik dibandingkan sediaan emulsi. Formula sediaan SLN terdiri atasgliseril monostearat (GMS) sebagai lipid dan tween 80 sebagai surfaktan. Pengembangan formula dilakukan dengan memvariasikan kadar GMS, tween 80, koenzim Q10 dan variasi waktu proses sonikasidengan sonikator probe pada saat proses SLN. Variasi kadar GMS yang digunakan antara lain 2-10% dengan kadar koenzim Q100,01% ;0,1% dan 1%. Koenzim Q 10 dapat diformulasikan ke dalam sediaan SLN pada konsentrasi 0,1% dengan penambahan tween 80 sebanyak 1 % dan lipid GMS 4% dan stabil selama 8 minggu penyimpanan dan memiliki efisiensi penjeratan 99,997 %denganukuranpartikel 720 nm. SLN Koenzim Q10 memilikiaktivitasantioksidan yang aktifdengan IC50 61,146 ppm dannilai IC50emulsi 121,406 memilikiaktivitasantioksidankategorisedang.Nilai % permeasiaktivitaskoenzim Q10 pada SLN adalah 24,93% danemulsikoenzim Q10 22,66%.

    Kata kunci: SLN, Koenzim Q10, Difusi, Antioksidan
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi