Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3587-Uji Stabilitas KO-Kristal Simvastatin Dengan Koformer Sakarin dan Nikotinamid Terhadap Suhu, Kelembaban dan pH (Rico Saputra; Iyan Sopyan, M.Si; Yedi Herdiana, M.Si)


Simvastatin merupakan turunan sintesis dari produk fermentasi Aspergillus terreus dan menjadi obat pilihan antikolesterol. Berdasarkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700763587Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3587
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3587
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Simvastatin merupakan turunan sintesis dari produk fermentasi Aspergillus terreus dan menjadi obat pilihan antikolesterol. Berdasarkan Biopharmaceutical Classification System (BCS), simvastatin termasuk dalam kelompok obat kelas II yang memiliki kelarutan rendah dalam air tetapi memiliki permeabilitas yang tinggi.Upaya meningkatkan kelarutan dan laju disolusi simvastatin dapat dilakukan dengan cara kokristalisasi dengan metode solvent evaporation. Penelitian sebelumnya menunjukkan pembentukan ko-kristal dapat meningkatkan laju disolusi dan bioavabilitas obat dimana terjadi peningkatan kelarutan simvastatin hingga dua kali lipat dengan koformeraspartam, tiga kali lipat dengan koformernikotinamid, dan dua belas kali lipat dengan koformersakarin Tetapi stabilitas hasil ko-kristal Simvastatin belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh suhu, kelembaban dan pH terhadap stabilitas ko-kristal simvastatin. Uji stabilitas terhadap suhu dan kelembaban dilakukan dengan kondisi 260C/75% dan 40/75% selama 54 hari. Sedangkan uji stabilitas terhadap pH dilakukan pada kondisi pH 4,5dan 6,8 selama 0-5 jam. Ko-kristal simvastatin memberikan profil stabilitas terhadap suhu, kelembaban dan pH lebih baik dari pada simvastatin murni. Nilai T ½ dan T90 tertinggi diperoleh oleh ko-kristal simvastatin-sakarin.
    Kata Kunci : Simvastatin,Ko-kristal, Sakarin,Nikotinamid, Solvent Evaporation, Stabilitas
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi