Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3595-Analisis Penjualan Obat-obatan di Apotek Pendidikan Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Dengan Matriks ABC-VED (Shalome Shobani; Auliya A. Suwantika, Ph.D.; dr. Budhi Prihartanto, SpPD)


Apotek merupakan tempat pengedaran obat dan perbekalan farmasi yang dikelola oleh apoteker. Manajemen persediaan obat di apotek memerlukan perhatian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701643595Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3595
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3595
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Apotek merupakan tempat pengedaran obat dan perbekalan farmasi yang dikelola oleh apoteker. Manajemen persediaan obat di apotek memerlukan perhatian khusus karena berkaitan dengan kualitas pelayanan kefarmasian di apotek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persediaan obat di Apotek Pendidikan Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran dengan menggunakan matriks ABC-VED. Penelitian dilakukan menggunakan desain observasional analitik dengan metode cross sectional dan pengambilan data secara retrospektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan sistem penjualan, terdapat 716 item (37,72%), 1.032item (54,32%) dan151item (7,96%) yang termasukkedalamkategori I, II dan III. Sedangkanberdasarkan sistem pembelian, terdapat 742 item (33,11%), 1.282 item (57,21%) dan 217 item (9,68%) yangtermasukkedalamkategori I, II dan III. Berdasarkan Mann-Whitney Test, terdapat perbedaan signifikan antara nilai inventori berdasarkan matriks ABC-VED pada sistem penjualan dan pembelian. Evaluasiiniseharusnyadilakukansecararutinsupaya apotek dapat mengontrol inventorinya sekaligus mempunyai stok obat yang mencukupi di apotek.
    Kata Kunci: analisis ABC, analisis VED, matriks ABC-VED, apotek
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi