Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3602-Sediaan Ramuan Teh DIA Sebagai Nutrasetikal Untuk Menurunkan Kadar Glukosa Darah Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar Model Diabetes Melitus Tipe 2 (Mahalacimy Selvaraj; Dr. Keri Lestari, M.Si; Dr. Rini Hendriani, M.Si)


Stevia rebaudiana Bertoni, mengandung steviosida. Senyawa tersebut merupakan pemanis berkalori rendah, sekitar 300 kali lebih manis dari pada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701723602Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3602
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3602
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Stevia rebaudiana Bertoni, mengandung steviosida. Senyawa tersebut merupakan pemanis berkalori rendah, sekitar 300 kali lebih manis dari pada sakarosa. Sejumlah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa konsumsi stevia berdampak pada peningkatan sensitivitas insulin dalam mengubahkan kadar glukosa dalam tubuh manusia. Penelitian ini bertyjuan untuk mengetahui potensi nutraseutikal teh stevia dalam menurunkan kadar glukosa darah pada tikus galur wistar putih model diabetes Melitus tipe 2.Tikus dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor tikus. Tikus diinduksidengan pakan tinggi karbohidrat tinggi dan larutan gula 10% selama 35 hari. Kelompok kontrol negatif diberi ramuan teh tawar 54mg/200g BB, kontrol positif diberi metformin 45 mg kgBB, dan kelompok uji 1 diberi teh manis (teh 54mg/200g BB +Gula 10% / 200g BB), kelompok uji 2 diberi teh dia (the 54mg/200g BB + daun stevia 40mg/200g BB + rosella 360mg/200g BB) selama 7 hari. Pengambilan sampel darah dilakukan sebelum dan setelah perlakuan selama 7 hari pada jam 2 PP. Stevia dan metformin masing-masing menurunkan kadar glukosa darah sebesar 17.7% dan 32.2%. Analisis uji Duncan menunjukkan potensi nutrasetikal stevia yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol positif dengan tingkat kepercayaan 95% dalam penurunan kadar glukosa darah.
    Kata kunci: Stevia rebaudiana (Bert), teh, anti diabetes, kadar glukosa darah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi